• Senin, 6 Desember 2021

ECOWAS, Petinggi Kudeta Mali Bertemu Bahas Pemerintahan Transisi

- Minggu, 23 Agustus 2020 | 21:30 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Bamako - Pimpinan militer yang mengudeta Pemerintah Mali dan sejumlah penengah dari Komunitas Ekonomi Afrika Barat (ECOWAS), Sabtu (22/8), bertemu di Bamako, ibu kota Mali, Sabtu, guna membahas pembentukan pemerintahan transisi dari masyarakat sipil.

Pertemuan itu berakhir dalam waktu 20 menit, meskipun ECOWAS menjadwalkan acara itu berlangsung selama 90 menit.

Aksi kudeta terhadap Presiden Mali Ibrahim Boubacar dikecam oleh banyak pihak di luar negeri. Walaupun demikian, banyak pihak menyambut baik aksi kudeta di Mali, negara yang lama menghadapi pemberontak dan krisis politik.

Delegasi dari 15 negara anggota ECOWAS tiba di ibu kota Mali, Bamako, untuk menghadiri pertemuan yang bertujuan memulihkan pemerintahan Keita.

ECOWAS mengecam aksi kudeta di Mali dengan menutup perbatasan dan memberhentikan aliran uang. Menurut sejumlah diplomat, langkah itu jadi peringatan keras bagi kalangan oposisi di Mali di tengah upaya menciptakan stabilitas di dalam negeri.

Jelang rangkaian pertemuan dengan petinggi militer dan kelompok lainnya, Kepala Delegasi Goodluck Jonathan menyebut pernyataan optimis. Goodluck Jonathan merupakan mantan presiden Nigeria.

"Saya yakin pada akhirnya kami akan menemukan sesuatu yang terbaik untuk masyarakat, serta baik untuk ECOWAS dan komunitas internasional," kata Jonathan ke para jurnalis.

Pertemuan antara dua pihak itu berlangsung di Kementerian Pertahanan. Para mediator dari ECOWAS, yang mengenakan masker, duduk berhadapan dengan petinggi junta Assimi Goita.

Sejumlah foto yang tersebar di media sosial Twitter menunjukkan Goita mengenakan seragam militer yang menyerupai warna gurun. Ia didampingi oleh sejumlah pasukan militer.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB
X