• Sabtu, 27 November 2021

Diplomasi Kuliner Warung Soto Lamongan di Kuala Lumpur

- Minggu, 4 Oktober 2020 | 21:15 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Kuala Lumpur - "Makanannya enak, rasanya khas," ujar mantan wartawan harian Utusan, Rosle Azmi, saat mencicipi masakan di Warung Soto Lamongan di Wisma Sabaruddin, Jalan Raja Alang, Kuala Lumpur, suatu sore.

Komentar pria yang pernah berkeliling ke sejumlah daerah di Indonesia ini dibenarkan oleh temannya sesama orang Malaysia, Sabaruddin, yang pernah bekerja di Radio Televisi Malaysia (RTM) dan Bernama.

Soto atau orang Makassar menyebutnya coto adalah makanan khas Indonesia seperti sop yang terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang paling sering digunakan untuk membuat soto adalah daging sapi dan ayam.

Warung Soto Lamongan yang biasa dipendekkan dengan singkatan Wasola tersebut saat ini menjadi ikon baru kuliner Indonesia di Jalan Raja Alang, Kawasan Kampung Baru, Kuala Lumpur, yang berdekatan dengan pasar tradisional Chow Kit.

Warga Indonesia yang tinggal di Kuala Lumpur mulai dari diplomat, profesional, pekerja dan ibu rumah tangga hingga warga Malaysia sendiri banyak yang singgah ke tempat itu sekedar untuk mencicipi, ingin tahu atau kangen kampung halaman.

Wakil Dubes RI di Kuala Lumpur, Agung Cahaya Sumirat, misalnya sudah beberapa kali singgah di Wasola di sela-sela menjalani hobi-nya bersepeda setiap akhir pekan.

Tidak hanya menyajikan soto warung tersebut juga menjajakan aneka kuliner lain seperti sate kambing, sate ayam, pecel kembung, pecel lele, bakso dan pecel ayam, pecel bebek dan pecel nila.

"Andalan utama Wasola adalah soto Lamongan tetapi menu lain juga ada," ujar Ketua Majelis Ekonomi dan Kewirausahaan Pimpinan Cabang Istimewa Muhammadiyah Malaysia (PCIM), Ali Fauzi, selaku pengelola Wasola.

Di daerah ini sebelumnya sudah berdiri sejumlah warung dan rumah makan dengan menu Indonesia seperti Rumah Makan Padang Garuda, Rumah Makan Rose yang menjual masakan Medan kemudian di seberang jalan ada Rumah Makan Wong Solo dekat Hospital Al-Islam.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB

Truk Tangki BBM Meledak, 99 Dilaporkan Tewas

Minggu, 7 November 2021 | 08:56 WIB

Catat Rekor, Kasus Penyebaran Covid-19 di Jerman

Jumat, 5 November 2021 | 21:00 WIB

COP26 Akan Sepakati Hentikan Pemakaian Batu Bara

Kamis, 4 November 2021 | 10:15 WIB
X