• Selasa, 7 Desember 2021

Meneguhkan Solidaritas Mancanegara Guna Berantas Pencurian Ikan

- Jumat, 5 Februari 2021 | 22:30 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Pemerintah Republik Indonesia, setidaknya sejak era Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (2014-2019), telah dikenal garang terhadap kapal-kapal asing yang melakukan pencurian ikan di kawasan perairan Indonesia.

Tindakan garang yang dilakukan pemerintah, juga diwarnai dengan kata "Tenggelamkan!" yang dipopulerkan oleh Menteri Susi ketika itu, sehingga banyak dari kapal asing yang tertangkap karena terkait penangkapan ikan ilegal, diganjar dengan ditempatkan di dasar laut.

Aksi terobosan itu diapresiasi berbagai pihak, karena memang dinilai ada manfaatnya melakukan kegiatan yang bersifat terapi kejut tersebut.

Berdasarkan kajian FAO sendiri disebutkan bahwa IUU Fishing, atau penangkapan ikan ilegal, adalah ancaman terbesar dalam memastikan perikanan berkelanjutan.

Pemerintah RI juga telah berpartisipasi aktif, seperti dalam sidang dua tahunan Komite Perikanan (COFI) yang digelar oleh FAO.

Dalam sidang terakhir yang diselenggarakan secara daring pada tanggal 1-5 Februari 2021, Indonesia diwakili oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Luar Negeri (Kemlu) dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Dirjen FAO Qu Dong Yu menekankan bahwa COFI merupakan satu-satunya forum antara bangsa-bangsa di dunia untuk membahas dan menyelesaikan isu dan permasalahan perikanan dan akuakultur.

Sidang itu juga mengadopsi Declaration for Sustainable Fisheries and Aquaculture. Terkait hal ini, Indonesia mendukung deklarasi dan diharapkan ke depan dapat mendukung pencapaian ketahanan pangan dan gizi yang berkelanjutan dari sektor perikanan.

Dengan dukungan terhadap pencapaian ketahanan pangan dan gizi berkelanjutan, diharapkan juga dapat meningkatkan upaya dari berbagai negara untuk semakin mengatasi aktivitas penangkapan ikan ilegal yang terjadi di kawasan perairan masing-masing negara.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB
X