• Kamis, 2 Desember 2021

Pengadaan Vaksin Global Hadapi Tantangan

- Senin, 8 Februari 2021 | 00:06 WIB
Juru bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi. (antara)
Juru bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi. (antara)

INILAH, Jakarta - Pada kuartal pertama tahun ini, Indonesia diperkirakan menerima belasan hingga puluhan juta vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca, melalui Fasilitas COVAX, sebuah skema distribusi vaksin global yang dipimpin Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Aliansi Vaksin Dunia (GAVI).

Juru bicara vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmidzi menjelaskan bahwa GAVI telah mengonfirmasi indikasi alokasi vaksin gratis bagi Indonesia untuk tahap awal sekitar 13,7 juta hingga 23,1 juta dosis vaksin buatan AstraZeneca.

Vaksin itu akan dikirim melalui dua tahap yaitu pada kuartal I 2021 sebanyak 25-35 persen, dan kuartal II sebanyak 65-75 persen dari alokasi tahap awal.

Vaksin produksi perusahaan farmasi asal Inggris ini bisa digunakan untuk memvaksin penduduk usia 60 tahun ke atas, yang merupakan kelompok dengan angka kematian tertinggi akibat Covid-19.

“Ini merupakan keberhasilan diplomasi kita, melalui COVAX kita mendapatkan akses vaksin gratis dan dalam waktu yang cepat tentunya akan melengkapi jenis vaksin yang sudah ada saat ini,” ujar dr. Siti saat menyampaikan keterangan pers, 31 Januari lalu.

Pemerintah Indonesia sebelumnya sudah menandatangani formulir yang disyaratkan oleh GAVI dan COVAX guna melengkapi konfirmasi keikutsertaan dalam pengadaan vaksin Covid-19 secara gratis.

Perkiraan vaksin sebanyak belasan hingga puluhan dosis itu merupakan tahap awal yang akan dikirim, dari potensi Indonesia mendapatkan hingga maksimal 108 juta dosis vaksin atau mencakup 20 persen dari total populasi, dari skema internasional tersebut.

Vaksin dari GAVI tersebut akan melengkapi kebutuhan program vaksinasi Covid-19 bagi sekitar 182 juta penduduk, atau 70 persen dari total populasi Indonesia, untuk mencapai kekebalan kelompok.

Komitmen penyediaan vaksin melalui Fasilitas COVAX merupakan salah satu upaya Indonesia untuk mencukupi kebutuhan vaksin di dalam negeri, guna menangani pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Tags

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB

Truk Tangki BBM Meledak, 99 Dilaporkan Tewas

Minggu, 7 November 2021 | 08:56 WIB

Catat Rekor, Kasus Penyebaran Covid-19 di Jerman

Jumat, 5 November 2021 | 21:00 WIB
X