• Sabtu, 16 Oktober 2021

Puasa Ramadhan di Xinjiang, Larangan atau Pilihan? (Bagian 2)

- Minggu, 25 April 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Urumqi, Xinjiang - Meskipun mendung merata di langit Kota Urumqi, tidak ada tanda-tanda akan turunnya hujan pada sore itu.

Xinjiang International Grand Bazaar (XIGB), pusat keramaian di Kota Urumqi, pada 21 Apri 2021 ramai seperti dua tahun sebelumnya ketika ANTARA pertama kali mengunjungi Ibu Kota Daerah Otonomi Xinjiang.

XIGB yang nama Mandarinnya adalah Guoji Da Bazha dan bahasa Uighurnya Shinjang Xelq'ara Chong Baziri atau pasar besar internasional sama dengan pusat keramaian Wangfujing di Beijing atau mungkin Pasar Baru di Jakarta.

Bedanya, siapa pun yang hendak memasuki kawasan XIGB harus melalui pemeriksaan alat pendeteksi metal yang dijaga personel keamanan berseragam di ketiga pintu masuk.

Di XIGB terdapat masjid. Ini juga yang membedakannya dengan Wangfujing atau pusat belanja para wisatawani lainnya di kota mana pun di China, meskipun di dalam Masjid XIGB tersebut tidak terlihat adanya aktivitas keagamaan yang berarti seperti halnya pusat kegiatan umat Islam selama bulan suci Ramadhan.

Justru yang ramai adalah panggung hiburan yang berjarak sekitar beberapa meter dari bangunan masjid baru bergaya arsitektur Utsmaniyah, terutama pada bagian kubah dan dua menara.

Pasar yang dibangun di atas lahan seluas 4.000 meter persegi pada tahun 2000 dan mulai dibuka untuk umum pada 26 Juni 2003 itu memang memadukan unsur arsitektur Islam dengan bangunan tradisional etnis minoritas di Xinjiang, seperti Uighur, Kazakh, Hui, dan Mongol.

Jarum jam sudah menunjuk 8 malam (19.00 WIB), namun masih terang karena di Urumqi waktu Magrib baru tiba pukul 21.05 (20.05 WIB).

Walau begitu orang-orang bebas makan dan minum. Bahkan, kedai aneka ragam roti canai di seberang masjid tersebut juga ramai oleh pembeli dan ada yang makan-minum di atas mezanin sambil menyaksikan kesibukan orang-orang di dalam dapur berdinding kaca bening.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

X