• Kamis, 2 Desember 2021

Anak Diaspora di Qatar Belajar Bahasa Indonesia

- Selasa, 4 Mei 2021 | 21:00 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Sebanyak 128 anak diaspora Indonesia di Qatar mengikuti program Bahasa Indonesia untuk Kita (BIKTA) yang diselenggarakan KBRI Doha.

“Saya senang belajar Bahasa Indonesia karena saya cinta Indonesia,” kata Amy Smith, salah seorang anak diaspora Indonesia di Qatar yang mengikuti program tersebut.

Berdasarkan keterangan KBRI Doha, Selasa, Amy Smith adalah anak dari seorang ibu berkebangsaan Indonesia dan ayah berkebangsaan Inggris.

Program BIKTA sendiri dirancang oleh KBRI Doha untuk anak-anak diaspora Indonesia di Qatar yang selama ini kesulitan berbahasa Indonesia. Anak-anak ini sebagian lahir dan besar di Qatar serta menggunakan bahasa asing sebagai bahasa pergaulan sehari-hari.

Menariknya, meskipun lama meninggalkan Tanah Air, anak-anak itu masih sangat bersemangat ketika belajar apa pun tentang Indonesia, termasuk Bahasa Indonesia.

Dilaksanakan secara daring sejak 1 Februari 2021, program BIKTA KBRI Doha terbagi ke dalam empat kelas dari kelas dasar sampai menengah. Sebelum mengikuti program tersebut, para peserta wajib mengikuti tes penempatan (placement test).

Dalam pelaksanaannya, KBRI Doha mendapat dukungan penuh dari Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (BPPB) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Kemendikbudristek antara lain menyediakan tenaga pengajar dan bahan ajar yang diperlukan.

Program BIKTA Angkatan I resmi ditutup oleh Duta Besar RI untuk Qatar Ridwan Hassan pada 2 Mei 2021. Dalam sambutan penutupannya, Dubes Ridwan menekankan pentingnya anak-anak dilihat sebagai aset bangsa, tak terkecuali anak-anak diaspora Indonesia yang berada di luar negeri.

“Bagi kami, anak-anak ini bukan sekadar objek diplomasi, mereka adalah subjek dan agen diplomasi Indonesia di luar negeri,” kata dia.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB

Truk Tangki BBM Meledak, 99 Dilaporkan Tewas

Minggu, 7 November 2021 | 08:56 WIB

Catat Rekor, Kasus Penyebaran Covid-19 di Jerman

Jumat, 5 November 2021 | 21:00 WIB
X