• Sabtu, 27 November 2021

Miliki Kedekatan Khusus dengan Taliban, Qatar Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

- Minggu, 5 September 2021 | 21:07 WIB
Pasukan Taliban berjaga tepat sehari setelah penarikan akhir pasukan AS dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, pada tanggal 31 Agustus 2021. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/aww)
Pasukan Taliban berjaga tepat sehari setelah penarikan akhir pasukan AS dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, pada tanggal 31 Agustus 2021. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/aww)

INILAHKORAN, Dubai - Pemerintah Qatar mengirimkan bantuan kemanusiaan melalui udara ke Kabul dan akan mengoperasikan penerbangan harian untuk mengangkut bantuan tersebut ke Afghanistan.

Bahkan, Pemerintah Qatar diwakili Duta Besar Qatar untuk Afghanistan Saeed bin Mubarak Al Khayareen yang akan datang langsung menyambut kedatangan penerbangan bantuan tersebut.

Negara itu akan menyediakan pasokan yang sangat dibutuhkan saat bantuan dari negara-negara Barat sedang terhenti setelah Taliban mengambil alih kekuasaan pada Agustus.

Baca Juga: Mantan Pendiri Taliban Mullah Baradar Bakal Pimpin Afganistan

Sebuah penerbangan bantuan Qatar dengan membawa pasokan medis dan produk makanan tiba di Kabul pada Sabtu (4/9).

Duta Besar Qatar untuk Afghanistan Saeed bin Mubarak Al Khayareen hadir di bandara untuk menyambut kedatangan penerbangan tersebut, kata Kementerian Luar Negeri Qatar.

Qatar muncul sebagai penghubung utama antara negara-negara Barat dan Taliban, setelah negara itu mengembangkan hubungan dekat dengan Taliban dengan mengizinkan kelompok militan itu menjalankan kantor politik di Qatar sejak 2013.

Baca Juga: Taliban Bakal Dapat Pengakuan dari Uni Eropa, Tapi Syaratnya...

Negara Teluk itu telah membantu membuka kembali bandara di Kabul, yang ditutup selama beberapa hari setelah evakuasi udara yang dipimpin Amerika Serikat terhadap warganya, warga Afghanistan, dan warga negara lainnya berakhir bulan lalu.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB

Truk Tangki BBM Meledak, 99 Dilaporkan Tewas

Minggu, 7 November 2021 | 08:56 WIB

Catat Rekor, Kasus Penyebaran Covid-19 di Jerman

Jumat, 5 November 2021 | 21:00 WIB

COP26 Akan Sepakati Hentikan Pemakaian Batu Bara

Kamis, 4 November 2021 | 10:15 WIB
X