• Minggu, 17 Oktober 2021

Taliban Terus Menggempur Panjshir, Ahmad Massoud:  NRFA Siap Bernegosiasi dengan Taliban

- Senin, 6 September 2021 | 13:26 WIB
Tampak prajurit Taliban berjaga-jaga di jalanan saat pembukaan kembali bank dan pasar setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di Kabul, Afghanistan.  (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/aww)
Tampak prajurit Taliban berjaga-jaga di jalanan saat pembukaan kembali bank dan pasar setelah Taliban mengambil alih kekuasaan di Kabul, Afghanistan. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/aww)

INILAHKORAN, Kabul - Kepala Front Perlawanan Nasional Afghanistan (NRFA) Ahmad Massoud siap bernegosiasi dengan Taliban untuk mengakhiri pertempuran yang sampai saat ini masih berlangsung.

Ahmad Massoud menyampaikan tawaran negosiasi tersebut melalui halaman Facebook kelompok Front Perlawanan Nasional Afghanistan (NRFA) pada Minggu, 5 September 2021.

Sebelumnya, pasukan Taliban mengatakan mereka telah berjuang untuk memasuki ibu kota provinsi Panjshir setelah mengamankan distrik-distrik di sekitarnya.

Baca Juga: Miliki Kedekatan Khusus dengan Taliban, Qatar Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Afghanistan

Taliban menguasai seluruh Afghanistan tiga minggu lalu, mengambil alih kekuasaan di Kabul pada 15 Agustus setelah pemerintah yang didukung Barat runtuh dan Presiden Ashraf Ghani meninggalkan negara itu.

"NRFA pada prinsipnya setuju untuk menyelesaikan masalah saat ini dan segera mengakhiri pertempuran dan melanjutkan negosiasi," kata Massoud.

"Untuk mencapai perdamaian abadi, NRFA siap menghentikan pertempuran dengan syarat Taliban juga menghentikan serangan dan gerakan militer mereka di Panjshir dan Andarab," katanya, merujuk pada sebuah distrik di provinsi tetangga Baghlan.

Baca Juga: Mantan Pendiri Taliban Mullah Baradar Bakal Pimpin Afganistan

Sebuah pertemuan besar dari semua pihak dengan majelis ulama kemudian bisa diadakan, katanya.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X