• Minggu, 17 Oktober 2021

Krisis Kemanusiaan dan Kekeringan, Taliban: PBB Janjikan Bantuan untuk Afghanistan

- Senin, 6 September 2021 | 13:52 WIB
Tampak warga Afghanistan mengantre di luar gedung sebuah bank untuk menarik uang tunai di Kabul, Afghanistan, pada Rabu,  1 September 2021. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/wsj)
Tampak warga Afghanistan mengantre di luar gedung sebuah bank untuk menarik uang tunai di Kabul, Afghanistan, pada Rabu, 1 September 2021. (ANTARA FOTO/REUTERS/Stringer/wsj)

INILAHKORAN, Kabul - Pejabat senior Taliban bertemu Wakil Sekjen PBB untuk urusan kemanusiaan di Kabul pada Minggu, 5 September 2021, di mana PBB menjanjikan bantuan berkelanjutan bagi rakyat Afghanistan, demikian menurut juru bicara Suhail Shaheen.

Kepala kantor politik Taliban Mullah Abdul Ghani Baradar dan pejabat lainnya menemui Martin Griffiths saat Afghanistan menghadapi kemungkinan krisis bencana kemanusiaan yang disebabkan oleh kekeringan parah dan kondisi ekonomi yang hancur.

"Delegasi PBB berjanji bantuan kemanusiaan untuk rakyat Afghanistan berlanjut, mengatakan ia akan meminta bantuan lebih lanjut untuk Afghanistan selama pertemuan negara-negara donor mendatang," cuit Shaheen di Twitter.

Baca Juga: Taliban Terus Menggempur Panjshir, Ahmad Massoud:  NRFA Siap Bernegosiasi dengan Taliban

Afghanistan, salah satu negara termiskin di dunia, terperosok ke dalam krisis dengan penyetopan tiba-tiba bantuan asing miliaran dolar menyusul runtuhnya pemerintahan yang didukung oleh Barat dan kemenangan Taliban Agustus lalu.

Menurut Shaheen, Taliban meyakinkan delegasi PBB "tentang kerja sama dan penyediaan fasilitas yang dibutuhkan."

PBB diperkirakan akan mengadakan konferensi bantuan internasional di Jenewa pada 13 September untuk membantu menghindari apa yang disebut Sekjen PBB Antonio Guterres "bencana kemanusiaan samar." (antara).***

Editor: suroprapanca

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X