• Minggu, 17 Oktober 2021

Jelang Pilpres Filipina, Petinju Manny Pacquiao Akan Bertarung dengan Rodrigo Duterte

- Minggu, 19 September 2021 | 20:11 WIB
Senator Filipina dan juara tinju Manny Pacquiao bersiap mengikuti rapat Senat di Pasay, Metro Manila, Filipina, September 2016. (ANTARA/Reuters)
Senator Filipina dan juara tinju Manny Pacquiao bersiap mengikuti rapat Senat di Pasay, Metro Manila, Filipina, September 2016. (ANTARA/Reuters)

INILAHKORAN, Manila – Jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) Filipina, bintang tinju Manny Pacquiao akan maju menjadi calon presiden Filipina tahun depan, setelah menerima pencalonan dari sekutu-sekutu politiknya dalam sidang umum faksi yang dipimpinnya di Partai PDP-Laban yang berkuasa.

Pacquiao, kini berusia 42 tahun, kerap mencela korupsi di pemerintahan dan menyinggung "hubungan nyaman" antara Presiden Rodrigo Duterte dengan China.

"Saya seorang pejuang, dan saya akan selalu menjadi pejuang di dalam dan di luar ring," kata Pacquiao, yang juga seorang senator, dalam pidato yang disiarkan langsung selama sidang pada Minggu.

Baca Juga: Wah Pertanda Apa Ini? Ratusan Burung Tabrak Gedung WTC Amerika Serikat

"Saya menerima pencalonan kalian sebagai calon presiden Republik Filipina."

Pencalonan Pacquiao muncul beberapa hari setelah faksi saingannya mencalonkan pembantu Duterte, Senator Christopher "Bong" Go, sebagai calon presiden.

Faksi itu menominasikan Duterte sebagai wakil presiden, sebuah langkah yang oleh para kritikus disebut sebagai taktik Duterte untuk mempertahankan kekuasaan.

Go menolak pencalonan, tetapi keretakan antara faksi Pacquiao dan Duterte telah meningkat.

Faksi Pacquiao belum menyatakan dukungan atas pencalonan Duterte sebagai wakil presiden. Duterte dilarang oleh konstitusi mencalonkan diri untuk masa jabatan enam tahun kedua sebagai presiden.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Sumber: Antaranews.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X