• Selasa, 30 November 2021

Sepak Terjang Manny Pacquiao, Petinju Kondang yang Kini Nyapres untuk Pukul 'KO' Dinasti Duterte

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 11:12 WIB
Senator Filipina dan juara tinju Manny Pacquiao bersiap mengikuti rapat Senat di Pasay, Metro Manila, Filipina, September 2016. (ANTARA/Reuters)
Senator Filipina dan juara tinju Manny Pacquiao bersiap mengikuti rapat Senat di Pasay, Metro Manila, Filipina, September 2016. (ANTARA/Reuters)

INILAHKORAN, Bandung- Mantan juara tinju dunia, Emmanuel "Manny" Pacquiao mantap meninggalkan ring tinju menuju arena politik. Setelah menjadi senator salah satu petinju tersukses di kelas menengah itu menatap kursi presiden Filipina.

"Saya baru saja mendengar bel terakhir. Tinju sudah berakhir. Saya tidak pernah berpikir hari ini akan datang ketika saya gantung sarung tinju," ungkap Pacquiao, seperti dikutip Reuters.

Manny kini beranjak pada target politik, menjadi Presiden Filipina 2022 mendatang. Manny Pacquiao sudah mendaftarkan dirinya secara resmi ke komisi pemilihan umum setempat untuk menjadi kandidat presiden Filipina. "Keputusan saya menjadi presiden bukan semata untuk keluarga tapi juga untuk seluruh rakyat Filipina," ucap pria kelahiran 17 Desember 1978 ini pada Jumat 1 Oktober 2021 lalu.

Baca Juga: Pensiun dari Tinju, Manny Pacquiao Fokus Bidik Kursi Presiden Filipina

Pada pendaftaran itu, Pacquiao menyerahkan surat pencalonan diri. Pacquiao akan bersanding bersama calon wakilnya, Lito Atienza. Lito adalah mantan mantan juru bicara dewan perwaklian rakyat Filipina. Atienza adalah mantan wali kota Manila pada akhir 1990-an. Kala itu, Presiden Filipina adalah Gloria Macapagal Arroyo.

-

Emmanuel Dapidran Pacquiao alias Manny Pacquiao (lahir 17 Desember 1978) adalah juara dunia tinju profesional asal Filipina. Ia adalah satu dari sedikit petinju yang mampu bertahan di peringkat elit dunia dalam usia yang relatif senior.

Pacquiao adalah petinju dari benua Asia pertama yang berhasil meraih gelar juara tinju profesional di delapan kelas berbeda, atau petinju kedua di dunia setelah Oscar de la Hoya.

Petinju Filipina ini adalah petinju pertama yang berhasil merebut tujuh gelar di tujuh kelas yang berbeda (lima gelar juara dunia dari lima kelas berbeda dan dua gelar dari Ring Magazine untuk kelas bulu dan welter junior).

Halaman:

Editor: Bsafaat

Sumber: inilah.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB

Truk Tangki BBM Meledak, 99 Dilaporkan Tewas

Minggu, 7 November 2021 | 08:56 WIB

Catat Rekor, Kasus Penyebaran Covid-19 di Jerman

Jumat, 5 November 2021 | 21:00 WIB

COP26 Akan Sepakati Hentikan Pemakaian Batu Bara

Kamis, 4 November 2021 | 10:15 WIB
X