• Selasa, 30 November 2021

Duh...Nenek-nenek Ini Dituduh Terlibat Pembunuhan 11 Ribu Orang

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:55 WIB
Tengkorak korban kekejaman Nazi di Rostov, Rusia
Tengkorak korban kekejaman Nazi di Rostov, Rusia

INILAHKORAN, Bandung - Seorang mantan sekretaris kamp konsentrasi Nazi Irmgard Furchner telah diadili di Jerman atas dugaan keterlibatan dalam pembunuhan lebih dari 11.000 orang setelah sebelumnya berusaha untuk melarikan diri dari persidangan.

Wanita berusia 96 tahun itu dibawa ke pengadilan Itzehoe, Jerman utara dengan menggunakan kursi roda sambil memakai syal bermotif sutra, kacamata hitam, dan masker medis yang menutupi wajahnya.

Furchner, yang berusia 18 tahun ketika dia mulai bekerja di kamp Stutthof di Polandia yang diduduki Nazi ketika sekretaris komandannya, Paul Werner Hoppe, diadili di pengadilan anak-anak karena usianya ketika dugaan kejahatan dilakukan.

Setelah mencoba melarikan diri dari persidangan pada akhir September, meninggalkan panti jompo di Quickborn tempat dia tinggal dan bepergian dengan taksi ke pinggiran Hamburg, dia ditangkap beberapa jam kemudian dan ditempatkan di tahanan polisi selama lima hari sebelum dipasangi pergelangan tangan elektronik untuk menandainya.

Baca Juga: Tambang Kematian Rostov dengan 3.500 Mayat Bukti Kekejaman Nazi di Rusia Ditemukan

Pengadilan mendengar bagaimana Furchner, lahir Irmgard Dirksen pada tahun 1925, bekerja sebagai kepala sekretaris Hoppe dan dalam peran administratifnya “berkontribusi pada seluruh operasi pembunuhan” di kamp.

"Dia tidak menyangkal tindakan mengerikan yang terjadi seperti yang sekali lagi dijelaskan kepada kita semua dalam dakwaan. Dia hanya menolak tuduhan di mana persidangan ini akhirnya berputar, bahwa dia secara pribadi bersalah atas kejahatan," kata pengadilan.

Furchner adalah wanita pertama yang diadili karena kejahatan terkait Nazi dalam beberapa dekade. Pengadilan lain terhadap mantan penjaga kamp konsentrasi berusia 100 tahun sedang berlangsung di Brandenburg .

Baca Juga: Mantan Penjaga Kamp Konsentrasi Nazi Diadili

Kasus penuntutan terhadap Furchner diajukan sebagai hasil dari persidangan John Demjanjuk, mantan penjaga kamp di kamp konsentrasi Sobibor, yang pada tahun 2011 dihukum karena membantu dan bersekongkol dalam pembunuhan 28.000 orang, menetapkan preseden hukum baru.

Rencananya akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan. Sesi dibatasi sekitar dua jam sehari, berdasarkan saran medis.***(Firda Rachmawati)

Editor: Zulfirman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragis! Rapper Young Dolph Tewas Ditembak di Toko Kue

Kamis, 18 November 2021 | 10:59 WIB

CPC Serukan Kader dan Militer Merapat ke Xi Jinping

Jumat, 12 November 2021 | 22:07 WIB

Truk Tangki BBM Meledak, 99 Dilaporkan Tewas

Minggu, 7 November 2021 | 08:56 WIB

Catat Rekor, Kasus Penyebaran Covid-19 di Jerman

Jumat, 5 November 2021 | 21:00 WIB

COP26 Akan Sepakati Hentikan Pemakaian Batu Bara

Kamis, 4 November 2021 | 10:15 WIB
X