• Jumat, 21 Januari 2022

Menular Lewat Gigitan Nyamuk, Kasus Virus Zika di India Melonjak

- Senin, 8 November 2021 | 23:00 WIB
Virus Zika antara lain menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi.  (REUTERS/Paulo Whitaker via AntaraNews.com)
Virus Zika antara lain menular melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti yang terinfeksi. (REUTERS/Paulo Whitaker via AntaraNews.com)

INILAHKORAN, Bandung - Sedikitnya 89 orang, termasuk 17 anak, positif mengidap virus zika saat kasus di Kota Kanpur, India, melonjak, menurut departemen kesehatan pada Senin.

Virus zika, yang ditularkan lewat gigitan nyamuk, pertama kali ditemukan pada 1947 dan menjadi epidemi di Brazil pada 2015.

Saat virus zika pertama ditemukan kala itu, ribuan bayi yang baru lahir mengalami mikrosefali, yakni kelainan yang menyebabkan ukuran kepala bayi lebih kecil dan otak kurang berkembang.

Baca Juga: Polisi Sebut Tubagus Joddy Sempat Gantian Nyetir dengan Suami Vanessa Angel

"Telah terjadi lonjakan kasus Zika dan departemen kesehatan sudah membentuk sejumlah tim untuk menekan penyebaran virus," kata Dr Nepal Singh, kepala medis distrik Kanpur di negara bagian terpadat India, Uttar Pradesh, yang dikutip Inilah Koran dari Reuters via AntaraNews.com.

"Ada satu ibu hamil dan kami memberikan perhatian khusus kepadanya," lanjutnya.

Kasus Zika dilaporkan muncul di sejumlah negara bagian India dalam beberapa tahun belakangan, meski kepala badan kesehatan dan kesejahteraan keluarga pemerintah Uttar Pradesh, Amit Mohan Prasaddan, mengatakan kepada Reuters bahwa ini adalah wabah pertama di negara bagian tersebut.

Baca Juga: 4 Jam Diperiksa Sebagai Tersangka, Rachel Vennya: Doain Aja ya Kak...

Kasus Zika pertama di kota industri Kanpur terdeteksi pada 23 Oktober dan jumlah kasus meningkat selama sepekan terakhir.

"Hasil tes orang-orang positif karena kami gencar melakukan pelacakan kontak," kata Prasad.

"Otoritas sedang meningkatkan pengawasan terhadap wabah dan membasmi jentik nyamuk," imbuh Singh.***

Editor: JakaPermana

Sumber: Antaranews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

China, Rusia, Iran Gelar Latihan Militer Bersama

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:08 WIB
X