• Sabtu, 22 Januari 2022

Daftar Negara yang Sudah Terjangkit Varian Omicron Covid-19, Indonesia Termasuk?

- Rabu, 1 Desember 2021 | 13:58 WIB
Berikut ini beberapa negara yang sudah terjangkit varian Omicron Covid-19 (InilahKoran/Antara)
Berikut ini beberapa negara yang sudah terjangkit varian Omicron Covid-19 (InilahKoran/Antara)



INILAHKORAN, Bandung - World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan varian baru Covid-19, Omicron sebagai varian yang mengkhawatirkan. Berikut ini beberapda negara yang sudah terjangkit varian Omicron.

Diketahui, varian Omicron pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan. Tepatnya berada di tempat terpadat di Afrika Selatan yakni, Gauteng, Johannesburg, dan Bostwana.

Dilansir dari Indonesia.go.id, Rabu 1 Desember 2021, berikut beberapa negara yang sudah terjangkit varian Omicron.

Baca Juga: Ini Dua Jurus Ampuh Melawan Varian Omicron Kata Epidemiolog Laura Navika Yamani

1. Hongkong

Omicron di Hong Kong mulai muncul saat seseorang yang datang dari Afrika Selatan. Orang tersebut dianggap menggunakan masker dengan katup yang tidak menyaring udara dan memungkinkan hal itu menularkan ke orang orang yang berada di sampingnya.

Akibatnya, 12 orang dilaporkan telah terpapar varian Omicron. 12 Orang tersebut wajib menjalani karantina selama 14 hari.

2. Belgia

Varian Omicron pertama kali terdeteksi di Belgia saat pelancong yang baru saja kembali dari Mesir pada 11 November 2021 tidak menjalani karantina.

Kemudian, gejala varian Omicron baru terdeteksi pada 22 November atau sekitar 11 hari baru terdeteksi.

Baca Juga: Tak Mau Berkomentar Soal Donasi untuk Beli Rumah Gala Sky, Doddy Sudrajat Hanya Fokus Memikirkan Ini

3. Israel

Kementerian Kesehatan Israel menyampaikan bahwa varian Omicron telah terdeteksi muncul di Israel.

Kasus tersebut tercatat pada seseorang yang baru pulang dari Malawi. Kasus varian Omicron di Israel muncul karena adanya kedatangan dari luar negeri.

Sementara itu, Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham melarang WNA dari berbagai negara untuk masuk ke Indonesia apalagi yang memiliki riwayat perjalanan mengunjungi Afrika Selatan, BOtswana, Namibia, Zimbabwe Lesotho, Mozambique, Eswatini dan Nigeria.

Baca Juga: Bos Moderna Perkirakan Vaksin Kurang Efektif Lawan Varian Omicron

"Jika ada orang asing yang pernah berkunjung ke negara-negara tersebut dalam kurun waktu 14 hari ke belakang, maka akan langsung ditolak masuk Indonesia," ujar Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara.

Selain itu, Ditjen Imigrasi juga menangguhkan pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga negara Afrika Selatan. Aturan ini mulai berlaku sejak Senin, 29 November 2021.***(Hafsah Nurhabibah)

Editor: Firda Rachmawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

China, Rusia, Iran Gelar Latihan Militer Bersama

Rabu, 19 Januari 2022 | 11:08 WIB
X