• Jumat, 27 Mei 2022

Hasil Penelitian, Senyawa Ganja Dapat Mencegah Infeksi Covid-19

- Kamis, 13 Januari 2022 | 21:15 WIB
Ilustrasi: Hasil Penelitian, Senyawa Ganja Dapat Mencegah Infeksi Covid-19 Pada Sel Manusia
Ilustrasi: Hasil Penelitian, Senyawa Ganja Dapat Mencegah Infeksi Covid-19 Pada Sel Manusia

INILAHKORAN, Bandung – Para peneliti di Oregon State University mengidentifikasi sepasang asam cannabinoid yang mengikat protein lonjakan SARS-CoV-2, menghalangi langkah penting dalam proses yang digunakan virus untuk menginfeksi manusia.

Dilansir dari Daily Mail, tim peneliti menemukan senyawa ganja, yang dapat diambil secara oral dan banyak ditemukan di rami, mampu memblokir varian alfa dan beta dari menginfeksi sel manusia.

Tetapi, tim mencatat hanya dua varian yang dipelajari dalam penelitian ini. Namun, menurut tim, senyawa tersebut terbukti berhasil memblokir jenis virus corona lainnya.

Baca Juga: Gratis! Ini Lokasi Kegiatan Vaksinasi Booster Bulan Januari 2022

Richard van Breemen, seorang peneliti di Pusat Inovasi Rami Global Negara Bagian Oregon dan pemimpin studi mengatakan, ”Asam cannabinoid ini berlimpah dalam rami dan dalam banyak ekstrak rami”.

“Mereka (asam cannabinoid) bukan zat yang dikendalikan seperti THC, bahan psikoaktif dalam ganja, dan memiliki profil keamanan yang baik pada manusia,” sambungnya.

“Dan penelitian kami menunjukkan senyawa rami sama efektifnya terhadap varian SARS-CoV-2, termasuk varian B.1.1.7, yang pertama kali terdeteksi di Inggris, dan varian B.1.351, yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan,” imbuh peneliti tersebut.

Baca Juga: Lagi, Garut Dikepung Banjir dan Longsor

Senyawa spesifiknya adalah asam cannabigerolic, atau CBGA, dan asam cannabidiolic, CBDA, dan protein lonjakan adalah target obat yang sama yang digunakan dalam vaksin COVID-19 dan terapi antibodi.

Halaman:

Editor: Yosep Saepul Ramadan

Sumber: Daily Mail

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X