PLN UID Jabar Penuhi Kebutuhan Premium

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat berkomitmen menjamin keandalan energi listrik di wilayahnya. Khususnya, di kawasan industri dan komersial Jababeka Bekasi.

PLN UID Jabar Penuhi Kebutuhan Premium
istimewa

INILAH, Bandung - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Barat berkomitmen menjamin keandalan energi listrik di wilayahnya. Khususnya, di kawasan industri dan komersial Jababeka Bekasi.

General Manager PLN UID Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan, untuk itu pihaknya mengadakan seremoni penandatanganan pelanggan potensial. Acara penekenan head of agreement dan surat perjanjian jual beli tenaga listrik untuk 56 pelanggan potensial itu digelar di Hotel Antero Bekasi, Selasa (30/4).

Secara simbolis, pemenuhan kebutuhan itu ditandai dengan penandatangan antara 13 CEO perusahaan dengan Manajer PLN UP3 Bekasi dan Cikarang Reny Wahyu Setiaswan. Seremoni itu didampingi Excecutive Vice President Operation Regional Jawa Bagian Tengah Purnomo.

“PLN siap melayani kebutuhan layanan ketenagalistrikan khususnya di wilayah Jawa Barat. Kami pun berupaya terus melakukan perbaikan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0,” kata Iwan. 

Menurutnya, ke-56 pelanggan potensial itu terdiri dari calon pelanggan baru yang melakukan proses permohonan dan pelanggan eksisting yang melakukan penambahan daya. Beberapa perusahaan itu di antaranya Hyundai, Mulia Keramik, Panasonic Gobel Energy, dll. 

Pada kesempatan tersebut, pihaknya melakukan penambahan energi Gardu Induk Tegangan Extra Tinggi (GITET) Cibatu Baru dengan total kapasitas 2x500 MW. Delta penambahan daya yang diperoleh dari acara tersebut sebesar 256.000.000 VA. 

“Dari total pelanggan tersebut, 32 pelanggan di antara menggunakan layanan premium yakni layanan keandalan cadangan supply dan account excecutive khusus,” ujarnya.. 

Saat ini, total pelanggan premium di Jawa Barat mencapai 615 pelanggan. Sebanyak 20% di antaranya berada di Bekasi dan Cikarang. Iwan menjelaskan, untuk pelanggan yang ingin menikmati layanan premium ini dapat mengajukan ke unit PLN terdekat dan selanjutnya akan dilakukan kajian teknis keandalan.

Di bagian lain, memperingati Hari Bumi Sedunia tahun ini PLN UID Jawa Barat melalui UP2D Jabar, UP3 Bandung, UP3 Majalaya, dan UP3 Cimahi melakukan program penggiat lingkungan. Program dijalankan dengan cara kegiatan penanaman 1.000 pohon di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir H Djuanda Bandung.  

Senior Manager Keuangan PLN UID Jawa Barat Tosni Karo Karo mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata PLN dalam upaya menjaga ekosistem lingkungan.

“PLN sebagai penyedia dan penyalur energi listrik sangat dekat sekali dengan lingkungan. Bahan bakar pembangkit listrik PLN ada yang menggunakan air, panas bumi, angin, dsb. Oleh karena itu, kita tentu harus bertanggung jawab menjaga bumi melalui pelestarian lingkungan sekitar,” sebutnya.

Tosni menambahkan, salah satu peran aktif itu yakni mengelola sebagian kawasan Tahura yang diberi nama Blok PLN UID Jawa Barat. Kawasan yang dikelola itu luas wilayahnya mencapai 1 hektare.

Dia menyebutkan, jenis pohon yang ditanam pada program itu tergolong jenis tanaman nonproduktif. Harapannya, agar pengelola Tahura Djuanda dapat berpartisipasi dengan menjaga dan merawat pohon-pohon tersebut serta dapat memanfaatkan tanaman lainnya untuk ditanam di lingkungan Tahura.
“Mudah - mudahan 1.000 pohon yang kita tanam ini bisa hidup sehingga dapat bermanfaat bagi anak cucu kita,” tambahnya. 

Sebagai salah satu program kinerja Keamanan, Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Lingkungan (K3L) kegiatan penanaman pohon ini merupakan bentuk kepedulian PLN terhadap lingkungan dalam upaya mencegah efek rumah kaca dan mengurangi global warming. 

Saat itu, diadakan penandatanganan prasasti Blok PLN UID Jawa Barat yang dilakukan Manager PLN UP2D Jabar Riko Ramadhano, Manager UP3 Bandung Majuddin, Manager UP3 Majalaya Ronny Afrianto, Manager UP3 Cimahi Heru Purwoko, perwakilan General Manager PLN UID Jabar Senior Manager Keuangan Tosni Karo Karo, dan Kasie Konservasi KSDAE dan Pemberdayaan Masyarakat UPTD Tahura Juanda Nunung Nurseha.


Editor : donramdhani