• Selasa, 24 Mei 2022

BCA Genjot Transaksi Nontunai

- Kamis, 27 Juni 2019 | 21:45 WIB
Foto: Doni Ramdhani
Foto: Doni Ramdhani

INILAH, Bandung - Seiring dengan perkembangan zaman, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melakukan sejumlah terobosan bisnis. Kepala Kantor Wilayah I BCA Bandung Lanny Budiati mengatakan, saat ini segala inisiasi yang dilakukan pihaknya mengacu pada pendekatan go digital.

Menurutnya, transaksi nontunai itu relatif mudah dilakukan untuk pembayaran transaksi bernilai besar. Setidaknya, dengan transaksi cashless itu konsumen tidak perlu repot membawa uang tunai dalam nominal besar. Selain itu, transaksi pun bisa lebih cepat dilakukan.

“Kita terus menggenjot pemakaian transaksi nontunai ini. Tak hanya di kota besar, penetrasinya pun kita perluas hingga kota-kota kecil yang kondisi pemakaian nontunai itu belum common,” kata Lanny usai pembukaan pasar buku Big Bad Wolf 2019 Bandung di Hotel Mason Pine, Kamis (27/6/2019).

Dia menyebutkan, sejumlah strategi bisnis akan dilakukan untuk memperluas transaksi nontunai ini di masyarakat. Dukungan penuh di ajang pasar buku terbedar di dunia itu menjadi saluran terbaik untuk memperluas transaksi ini.

“Sekarang, semua inisitif BCA itu dilakukan ke arah go digital. Mulai dari yang sifatnya transaksional yang memakai mesin EDC (electronic data capture), hingga memperkaya fitur di kartu kredit dan debit. Sekarang juga pembukaan rekening sudah bisa diselesaikan secara online. Artinya, semua keperluan sudah bisa diselesaikan masyarakat tanpa harus ke bank,” jelasnya.

Lanny pun mengakui even Big Bad Wolf itu akan mendongkrak transaksi nontunai. Meski enggan menyebutkan angka pastinya, namun dengan target pengunjung sebanyak 350 ribu orang itu diakuinya akan memberikan jumlah transaksi yang relatif signifikan.

Dia menambahkan, dalam even yang digelar pada 28 Juni-8 Juli 2019 itu BCA dan pihak penyelenggara menawarkan promo diskon 60-80% untuk semua buku internasional. Nasabah BCA dapat menggunakan kartu kredit, debit dengan chip, Sakuku, dan Flazz untuk mendapatkan promo menarik.

Promo menarik lainnya yakni voucher cashback hingga Rp500 ribu dengan penggunaan kartu kredit dan debit dengan chip, diskon 50% pembelian voucher BBW dengan reward BCA, program beli 7 gratis 1 buku ajaib augmented reality, hingga tambahan diskon 20% untuk buku-buku pilihan, serta cicilan BCA 0% 3 dan 6 bulan.

Sementara itu, PT Jaya Ritel Indonesia sebagai penyelenggara pasar buku Big Bad Wolf  mengatakan even di Bandung itu dihadiri lebih dari 350 ribu orang. Di Jakarta, pasar literasi itu sebelumnya dihadiri sebanyak 1.025.000 orang. 

Halaman:

Editor: donramdhani

Terkini

X