• Jumat, 22 Oktober 2021

AS Dukung RI Kembangkan Pembiayaan Inovatif Tingkatkan Produktivitas

- Selasa, 6 April 2021 | 23:15 WIB
Ilustrasi (antara)
Ilustrasi (antara)

INILAH, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat memberikan hibah senilai delapan juta dolar AS (sekitar Rp1,15 triliun) untuk mengembangkan pembiayaan inovatif dalam meningkatkan produktivitas ekonomi.

Hibah tersebut diungkapkan dalam keterangan tertulis Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta pada Selasa.

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI dan lembaga Pemerintah AS Millennium Challenge Corporation (MCC) menandatangani perjanjian hibah itu pada 4 Februari untuk mendukung upaya Pemerintah Indonesia dalam mengembangkan program hibah MCC Compact kedua.

Setelah disetujui, program itu diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah keterbatasan akses keuangan, yang terbukti menjadi kendala utama yang mengikat dalam perekonomian Indonesia, menurut keterangan itu.

Perjanjian Hibah Compact Development Funding (CDF) itu ditandatangani oleh Sekretaris Eksekutif Bappenas Himawan Hariyoga dan Deputi Wakil Presiden Direktur MCC untuk Compact Operations, Jonathan Brooks.

"Perjanjian hibah ini akan memungkinkan Pemerintah Indonesia dan MCC melanjutkan analisis ekonomi Indonesia dalam rangka merancang suatu kesepakatan yang akan menguntungkan masyarakat Indonesia," kata Brooks.

"Kami berterima kasih kepada rekan-rekan kami dari pemerintah Indonesia atas kemitraan mereka dan berharap dapat melanjutkan kerja sama kami," ujarnya.

Perjanjian Hibah CDF tersebut menyediakan dana bagi Pemerintah Indonesia untuk mengadakan studi dasar dan studi kelayakan, penilaian lingkungan dan sosial, dan studi terkait infrastruktur dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), khususnya UMKM milik perempuan.

Selain itu, Program CDF Compact-2 akan bekerja untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) Indonesia.

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

BJB Raih The Best Financial Performance Bank TFA 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:13 WIB

DAMRI buka layanan rute baru Yogyakarta-Jakarta

Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:00 WIB

BEI Bidik Investor Milenial

Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:49 WIB

Inilah Peluang Bisnis Menarik Selama Pandemi Covid-19

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:30 WIB

Bank bjb Hadirkan Kemudahan Transaksi Online ORI020

Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:17 WIB

Cirebon Dibidik Investor

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:42 WIB
X