• Selasa, 26 Oktober 2021

PLN Pasok Renewable Green Energy ke Pusat Data Nasional di GIIC Deltamas

- Kamis, 9 September 2021 | 14:52 WIB
Penandatangan MoU PLN terkait pasokan listrik ke Pusat Data Nasional yang akan hadir di GIIC Kota Deltamas, Cikarang, Jabar. (istimewa)
Penandatangan MoU PLN terkait pasokan listrik ke Pusat Data Nasional yang akan hadir di GIIC Kota Deltamas, Cikarang, Jabar. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung -  Untuk itu, PT PLN siap memasok listrik sebesar 993 mega volt ampere (MVA) ke pusat data berstandar internasional pertama di Indonesia tersebut.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengatakan, kehadiran pusat data tersebut menjadi langkah pertama pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia sebagai hub data center internasional. Keandalan suplai listrik 24 jam dibutuhkan untuk mendukung operasional pusat data yang rencananya dibangun kawasan GIIC Deltamas. PLN menyiapkan infrastruktur kelistrikan yang andal, berkualitas, dan green dengan tarif kompetitif.

“Sesuai keinginan dunia internasional saat ini, mereka membutuhkan suplai tenaga listrik dengan jumlah yang tepat, dapat diandalkan dan green. Sesuai arahan Presiden RI untuk menjadikan Indonesia sebagai hub data center internasional, PLN siap mendukung rencana tersebut sebaik-baiknya,” kata Zulkifli Zaini dalam rilis yang diterima, Rabu 8 September 2021.

Baca Juga: PLN layani pemasangan baru lewat aplikasi mobile peringati HUT RI

Menurutnya, bagi PLN kerja sama dengan GIIC ini membuktikan jika PLN mampu menyediakan listrik yang berkualitas dan andal dengan tarif kompetitif untuk kebutuhan pusat data nasional. Melalui kepastian suplai listrik yang sesuai dengan standar internasional, pelanggan bisa lebih fokus mengelola inti bisnis mereka.

Pelanggan juga akan mendapatkan opsi pemenuhan energi terbarukan melalui beragam produk dan layanan PLN, seperti renewable energy certificate, premium green, carbon credit, maupun produk lainnya yang dibutuhkan pengembang atau investor pusat data internasional.

“Dengan adanya pembangunan pusat data di Indonesia ini akan menjadi ‘tuas’ bagi pengembangan bisnis digital dan start up nasional serta multiplier effect lainnya,” ujar Zulkifli Zaini.

Baca Juga: PLN Diminta Lebih Aktif Bangun Pembangkit Sendiri

Sementara itu, Presiden Direktur PT Puradelta Lestari dan PT Pembangunan Deltamas Hongky Jeffry Nantung turut menyampaikan harapan pemain data center di GIIC dan Indonesia bisa mendapatkan suplai tenaga listrik yang andal. Pasalnya, pusat data membutuhkan suplai tenaga listrik yang besar dengan tingkat keandalan tinggi.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Siapkah Anda untuk Ekonomi Perubahan Iklim?

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:20 WIB

Solar Langka, DPR: Pertamina jangan Hanya Kejar Untung

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:02 WIB

BPKD: Realisasi Pajak PBB-P2 Mencapai 58,44 Persen

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Prioritaskan Investasi Rebana dan Jabar Selatan

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:55 WIB

BJB Raih The Best Financial Performance Bank TFA 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:13 WIB

DAMRI buka layanan rute baru Yogyakarta-Jakarta

Selasa, 19 Oktober 2021 | 23:00 WIB
X