• Selasa, 25 Januari 2022

Kopi Subang Ekspor ke Arab

- Senin, 20 September 2021 | 14:39 WIB

INILAHKORAN, Bandung - KABAR menggembirakan datang dari Subang. Saat pandemi ini, kopi produksi Koperasi Gunung Luhur Berkah sukses melakukan ekspor perdana ke Arab Saudi.

Teten Masduki menyaksikan sendiri proses pengiriman barang antarnegara tersebut. Di Kabupaten Subang, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) itu melepas ekspor perdana kopi Java Preanger Arabica Speciality produksi Koperasi Gunung Luhur Berkah dengan volume 18 ton senilai US$148 ribu atau setara Rp2,076 miliar.

“Ini menjadi bukti bahwa kualitas kopi Indonesia, khususnya yang memiliki indikasi geografis Java Preanger dari Jawa Barat, dapat memenuhi standar kualitas buyer di luar negeri,” kata Teten dikutip Antara, akhir pekan lalu.

Baca Juga: Mitos atau Fakta, Minum Kopi Turunkan Risiko Terpapar Covid-19?

Menurutnya, ekspor kopi satu kontainer tersebut merupakan bagian dari total volume 150 ton senilai sekitar US$1 juta atau setara Rp14,2 miliar. Untuk ekspor selanjutnya akan dilakukan setiap bulan sebanyak satu kontainer. Dia menyebutkan, ekspor ini menjadi contoh konkret bahwa para petani kopi yang awalnya menanam secara sendiri-sendiri di lahan yang terbatas dan sempit, dapat dikonsolidasikan ke dalam wadah koperasi.

Dia menilai, koperasi itu mendorong para petani memiliki skala ekonomi dan dapat memenuhi permintaan para buyer. Pendekatan seperti itu memang direncanakan sebagai upaya strategis dalam mengembangkan korporatisasi petani melalui koperasi.

“Kita perlu dorong koperasi berperan sebagai konsolidator sekaligus agregator, yaitu di samping konsolidasi petani dan lahan, koperasi juga menjadi offtaker pertama yang membeli hasil panen, mengolah dan menjalin kemitraan usaha dengan buyer,” ujar Teten.

Baca Juga: Kopi Burangrang Selatan, Bintang Dunia yang Kini Meredup, Ternyata Ini Faktor Penyebabnya

Sementara itu, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) meyakini desa devisa binaannya dapat melakukan ekspor berkelanjutan seiring dengan pendampingan dan pelatihan yang terus diberikan perseroan. Salah satu desa devisa binaan LPEI, Desa Devisa Kopi Subang melalui Koperasi Gunung Luhur Berkah yang menaungi petani di wilayah tersebut berhasil melakukan ekspor perdana sebanyak 18 ton kopi ke Arab Saudi.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X