Rumah Zakat Tebar Gerobak untuk Pelaku UMKM Terdampak

Pandemi Covid-19 memukul UMKM. Guna membangkitkan semangat berusaha, Rumah Zakat menyalurkan gerobak wakaf untuk para pelaku UMKM terdampak.

Rumah Zakat Tebar Gerobak untuk Pelaku UMKM Terdampak

INILAHKORAN, Bandung - Pandemi Covid-19 ini memukul para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terdampak. Guna membangkitkan semangat berusaha, Rumah Zakat menyalurkan gerobak wakaf untuk para pelaku UMKM terdampak.

CEO Rumah Zakat Nur Efendi mengatakan, pada tahap pertama ini sebanyak 24 gerobak wakaf UMKM disalurkan kepada para pelaku UMKM di Bandung Raya. Donasi ini merupakan bagian dari program Wakaf Produktif sebagai kontribusi memulihkan sektor ekonomi dimulai dari sektor UMKM.

“Upaya pemulihan ekonomi ini merupakan rangkaian program respons Covid-19 yang diinisiasi Rumah Zakat sebagai program jangka panjang. Di antaranya padat karya produktif, bantuan UMKM, serta petani berdaya. Gerobak wakaf ini adalah salah satu program yang bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM untuk bangkit,” kata Nur Efendi, Selasa 21 September 2021.

Baca Juga: HUT ke-76 RI, Rumah Zakat Resmikan Crisis Centre di 10 Kota

Menurutnya, selanjutnya implementasi program gerobak wakaf akan menyasar seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Targetnya, ada 10.000 pelaku UMKM yang akan dibantu Rumah Zakat bersama donator dan mitra.

Hingga saat ini, ada 3.447 pelaku UMKM dari beragam sektor usaha yang dibantu Rumah Zakat. Jenis usaha yang mereka jalani mulai dari bidang jasa, warung, kerajinan tanngan, sandang, peternakan, pertanian, perikanan, hingga makanan dan minuman.

Halaman :


Editor : inilahkoran