• Minggu, 17 Oktober 2021

Kolaborasi BI Jabar Sokong UMKM

- Jumat, 24 September 2021 | 13:44 WIB
 (syamsuddin nasoetion)
(syamsuddin nasoetion)

INILAHKORAN, Bandung - UMKM dinilai paling terdampak pandemi. Guna membangkitkan kembali produktivitas mereka, kolaborasi diyakini menjadi kunci utama.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Jabar Atalia Praratya Kamil merasakan keterpurukan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dia mengatakan, terdapat sekitar 37 ribuan pelaku UMKM terdampak Covid-19. Pandemi pun menghantam sekitar 9 ribuan pelaku ekonomi kreatif di Jabar.

“Karena situasi dan keadaan memaksa banyak pekerja UMKM terhenti. Namun, kondisi ekonomi sekarang mulai membaik. Untuk memberikan percepatan, kolaborasi yang dibangun kini sebagai fokus utama untuk membangkitkan semangat mereka kembali berproduksi,” kata Atalia Praratya Kamil saat puncak rangkaian Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 di Bandung, Kamis 23 September 2021.

Baca Juga: Kolaborasi Pemkot Bandung dan Tokopedia Genjot Sektor UMKM Lokal

Selain kolaborasi, inovasi merupakan perilaku bisnis yang kudu terus digelorakan. Pergeseran model bisnis dari offline ke online kini diakuinya menjadi sebuah keniscayaan untuk menggerakkan roda ekonomi. Pelaku UMKM yang kebanyakan masih menjalankan bisnis konvensional kini didorong untuk memanfaatkan tekonologi dan digitalisasi.

“Dalam berinovasi itu, pelaku UMKM terkendala karena mereka tidak terlalu dekat dengan teknologi. Kebanyakan mereka melakukan kegiatan bisnis dan transaksi secara offline. Untuk itu, kita terus memberikan pelatihan e-commerce bagi para pelaku UMKM,” sebut Atalia Praratya Kamil.

Baca Juga: Foto: Puncak Karya Kreatif Indonesia Jawa Barat

Keyakinan untuk tetap kolaborasi itu pun diakui Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar Herawanto. Menurutnya, gelaran KKI 2021 itu merupakan hasil kolaborasi dan sinergi BI Jabar dengan berbagai pihak. Kolaborasi yang dibangun itu untuk mengangkat kembali pamor Jabar yang dikenal debagai gudangnya inovasi.

Baca Juga: Inovasi Digital Marketing ala UMKM Mitra Binaan Telkom di Garut

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BEI Bidik Investor Milenial

Minggu, 17 Oktober 2021 | 14:49 WIB

Inilah Peluang Bisnis Menarik Selama Pandemi Covid-19

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 16:30 WIB

Bank bjb Hadirkan Kemudahan Transaksi Online ORI020

Kamis, 14 Oktober 2021 | 14:17 WIB

Cirebon Dibidik Investor

Rabu, 13 Oktober 2021 | 13:42 WIB

Ramai-ramai Pasang PLTS Atap

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:43 WIB
X