Apindo Jabar Dorong Basis Industri Terpadu di Sukabumi

Apindo Jabar menilai Sukabumi potensial menjadi basis industri manufaktur. Pasalnya, daerah itu relatif mudah dijadikan basis terpadu.

Apindo Jabar Dorong Basis Industri Terpadu di Sukabumi

INILAHKORAN, Bandung - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar menilai Kabupaten Sukabumi potensial menjadi basis industri manufaktur. Pasalnya, daerah yang berada di tengah provinsi Jabar itu relatif mudah dijadikan sebagai basis industri terpadu.

“Saya bangga Kabupaten Sukabumi sudah menjadi daerah yang masuk dalam basis industri manufaktur di Jabar. Tapi, saya mendorong Apindo Kabupaten Sukabumi menjadikan daerah ini menjadi integrated industrial cluster,” kata Ketua Apindo Jabar Ning Wahyu Astutik saat Muskablub Apindo Sukabumi, akhir pekan lalu.

Selain itu, dia menyebutkan secara geografis kabupaten terluas di Jabar itu memiliki peran strategis. Terlebih, posisinya yang dekat dengan DKI Jakarta dan relatif dekat dengan hampir seluruh kawasan industri utama di Jabar itu memiliki seluruh potensi yang siap dikembangkan.

Baca Juga: Bidik Ekonomi Jabar Hebat, Apindo Jabar Siap Berinovasi dan Kolaborasi

Untuk itu, Ning Wahyu Astutik mengharapkan Apindo Kabupaten Sukabumi dapat menjadikan daerahnya sebagai business interchange untuk seluruh jenis usaha yang bisa dikembangkan di Jabar. Dia pun mendorong Apindo Kabupaten Sukabumi dan Pemkab Sukabumi beserta serikat pekerja dapat mewujudkan iklim usaha yang kondusif.

Secara umum, Ning Wahyu Astutik pun mengimbau agar Apindo Kabupaten Sukabumi melakukan konsolidasi dan implementasi seluruh program kerja Apindo Jabar sesuai kebutuhan. Selain itu, para pengusaha di daerah itu pun bisa bersikap berani melakukan terobosan ke industri kreatif.

“Kami pun mengharapkan Apindo Sukabumi dapat menjadi motor penggerak dunia usaha di Kabupaten Sukabumi dalam pengimplementasian UU Ketenagakerjaan Nomor 11/2020,” tambah Ning Wahyu Astutik.

Baca Juga: Apindo Jabar Berjuang Keras Agar Buruh Cepat Disuntik Vaksin Covid-19

Sedangkan, Ketua Apindo Kabupaten Sukabumi Sudarno menyebutkan sejauh ini pemerintahan setempat menjalankan kebijakan untuk menjalin sinergitas, kolaborasi, harmonisasi, dan dinamis untuk dunia usaha.

“Kami bersyukur di sini sudah tercipta hubungan industrial yang kondusif. Semoga dengan digelarnya Muskalub kali ini,para pengusaha menyiapkan kebangkitan ekonomi daerah pasca pandemi Covid-19,” ujar Sudarno.

Sementara itu, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mendorong para pengusaha menyiapkan kebangkitan ekonomi daerah pasca pandemi. Dia pun mengajak Apindo untuk meningkatkan kolaborasi dan sinergitas. Apalagi, tantangan ke depan harus menjadi pencermatan semua pihak.

Baca Juga: Apindo Jabar Optimistis Industri 4.0 Dorong Daya Saing

“Seluruh pengusaha di Apindo harus bisa bersama pemerintahan daerah untuk menjadi motor penggerak ekonomi di Kabupaten Sukabumi,” tandasnya.

Dia menuturkan, asosiasi para pengusaha itu pun diharpkan mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki. Bahkan, Apindo harus menjadi mediator dan fasilitator sehingga tercipta iklim industri yang kondusif.

“Apindo harus memastikan proses upah minimum bisa berjalan seharusnya. Tentunya untuk kesejahteraan pemberi maupun penerima kerja,” ujarnya.***


Editor : inilahkoran