• Sabtu, 27 November 2021

Ramai-ramai Pasang PLTS Atap

- Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:43 WIB
 PT Surya Energi Indotama (SEI) meluncurkan Solar Kit 1st Gen untuk ekosistem PLTS atap rumah. (istimewa)
PT Surya Energi Indotama (SEI) meluncurkan Solar Kit 1st Gen untuk ekosistem PLTS atap rumah. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - Sebagai alternatif sumber energi, PLTS atap rumah kini menjadi idola. Pelanggan rumah tangga memiliki porsi paling besar.

Berdasarkan data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), pada 2018 pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang dipasang di atap masih berada di angka 1,52 MWp. Namun, dalam kurun waktu tiga tahun instalasnya naik signifikan. Hingga Juni 2021, pemasangannya mencapai 35,56 MWp.

Dari total pemasangan PLTS atap itu, pelanggan rumah tangga memiliki porsi yang paling besar yakni sebanyak 3.300 pelanggan. Menanggapi tingginya animo tersebut, PT Surya Energi Indotama (SEI) menilai kini minat masyarakat untuk beralih ke energi terbarukan untuk pemakaian pribadi semakin tinggi.

Baca Juga: PT Len Industri Kejar Mimpi LRT Jabodebek Tanpa Masinis

Direktur Utama PT SEI Bambang Iswanto mengatakan, instalasi PLTS atap itu relatif mudah dan biaya investasi yang lebih rendah dibandingkan dengan sumber energi terbarukan lainnya. Untuk itu, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan pihaknya meluncurkan Solar Kit 1st Gen.

“Untuk produk solar kit generasi pertama ini merupakan PLTS on-grid atau terhubung dengan jaringan PLN. Sistem kerjanya memanfaatkan energi matahari yang diubah menjadi energi listrik untuk digunakan pada siang hari,” kata Bambang, Senin 11 Oktober 2021.

Menurutnya, kombinasi antara panel surya, mikro inverter, dan rangka hidrolik itu memudahkan konsumen memasang panel surya secara mandiri. Selain itu, instalasi itu pun menghasilkan lebih banyak energi dengan biaya yang relatif lebih ekonomis.

Baca Juga: Industri Dukung Akselerasi Penggunaan Energi Terbarukan RI

Dia menjelaskan, panel surya yang digunakan itu produksi PT Len Industri yang merupakan induk perusahaan dari PT SEI. Seperti diketahui, PT Len Industri merupakan perusahaan BUMN berbasis teknologi yang bergerak di bidang teknologi pertahanan, transportasi kereta, energi baru terbarukan PLTS, serta ICT dan navigasi.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

2022, BI Jabar Yakini Ekonomi Bangkit

Kamis, 25 November 2021 | 13:56 WIB

Foto: Gelaran 2021 West Java Annual Meeting

Rabu, 24 November 2021 | 17:22 WIB

Foto: West Java Annual Meeting 2021

Senin, 22 November 2021 | 17:56 WIB

Frisian Flag Indonesia Dongkrak Produktivitas Susu

Jumat, 19 November 2021 | 14:07 WIB

BI Jabar Mulai Digitalisasi Pedagang Pasar Tradisional

Selasa, 16 November 2021 | 15:43 WIB
X