• Kamis, 28 Oktober 2021

Perusahaan Rintisan eFishery Bidik Pesisir Selatan Jabar

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 19:58 WIB
Suasana kantor perusahaan rintisan eFishery di Bandung, Rabu 13 Oktober 2021. (doni ramdhani)
Suasana kantor perusahaan rintisan eFishery di Bandung, Rabu 13 Oktober 2021. (doni ramdhani)

INILAHKORAN, Bandung - Pesisir selatan Jabar diakui memiliki kantong pembudidaya ikan dan udang. Selama ini, potensi yang relatif besar tersebut masih menjalankan roda bisnisnya secara konvensional. Dengan kata lain, peternakan ikan dan udang di sana relatif belum tersentuh teknologi canggih.

Untuk itu, eFishery merasa tertantang melebarkan sayap bisnis teknologi aplikasi ke arah sana. Co-founder dan Chief of Staff eFishery Chrisna Aditya mengatakn, dalam waktu satu dua tahun ke depan pihaknya akan bergerak ke pesisir selatan Jabar.

“Selama delapan tahun berdiri, teknologi kita sudah dimanfaatkan di pesisir utara Jabar. Petani ikan dan udang di Indramayu, Cirebon, Subang, dan Bogor selama ini sudah banyak yang menggunakan teknologi yang kita buat. Ke depan, rencananya kita ingin masuk ke pesisir selatan Jabar,” kata Chrisna di Bandung, Rabu 13 Oktober 2021.

Baca Juga: Uu Ruzhanul Luncurkan Rintisan Usaha Petani Milenial Bidang Perkebunan

Menurutnya, di wilayah pesisir utara Jabar itu sekitar 5.000an petani memanfaatkan teknologi pemberian pangan yang dilakukan secara konsisten. Jumlah itu diakuinya masih relatif jauh dari total pembudidaya ikan dan udang di Jabar yang terhitung sekitar 81 ribuan orang.

Dia menyebutkan, sejauh ini komoditas yang digarap antara lain ikan nila, lele, mas, dan udang. Di sejumlah daerah, eFishery pun mampu mendirikan kampung perikanan digital yang tersebar di Indramayu, Bogor, dan Cirebon.

Secara umum, Chrisna menuturkan perusahaan rintisannya memiliiki tiga model bisnis utama. Yakni, teknologi pemberian pakan ikan atau eFishery feeder, koperasi digital eFisheryKu, dan eFishery fresh. Khusus eFisheryKu, dia menjelaskan aplikasi koperasi perikanan digital itu dirancang khusus untuk mempermudah aktivitas budidaya ikan.

Baca Juga: Satu Rintisan Unicorn Bakal Ramaikan Pasar Modal Indonesia

Aplikasi itu selayaknya koperasi yang menyediakan berbagai kebutuhan para pembudidaya ikan. Mulai dari pembelian pakan, penjualan ikan, informasi seputar harga pasar, serta pengajuan permodalan. Hingga saat ini, aplikasi eFisheryKu tersebut sudah diunduh ribuan pembudidaya ikan di Indonesia.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Foto: BJB Analyst Meeting Q3 2021

Selasa, 26 Oktober 2021 | 17:37 WIB

bank bjb Resmikan Kantor bjb Sekuritas di Kota Bandung

Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:09 WIB

Siapkah Anda untuk Ekonomi Perubahan Iklim?

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:20 WIB

Solar Langka, DPR: Pertamina jangan Hanya Kejar Untung

Minggu, 24 Oktober 2021 | 19:02 WIB

BPKD: Realisasi Pajak PBB-P2 Mencapai 58,44 Persen

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 13:00 WIB

Prioritaskan Investasi Rebana dan Jabar Selatan

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:55 WIB

BJB Raih The Best Financial Performance Bank TFA 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:13 WIB
X