Terapkan Zona Integritas, KPP Soreang Juarai Pelayanan Terbaik Kanwil DJP Jabar I

Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jabar I menggelar penganugerahan kantor pelayanan terbaik.

Terapkan Zona Integritas, KPP Soreang Juarai Pelayanan Terbaik Kanwil DJP Jabar I

INILAHKORAN, Bandung - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jabar I menggelar penganugerahan kantor pelayanan terbaik.

Berdasarkan hasil penilaian, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Soreang berada di peringkat pertama. Disusul KPP Madya Bandung dan KPP Pratama Purwakarta yang berada di peringkat kedua ketiga.

Kepala Kanwil DJP Jabar I Erna Sulistyowati mengatakan, berbeda dengan sebelumnya penilaian pada tahun ini diikuti unit kerja yang mendapatkan predikat zona integritas wilayah bebas dari korupsi. Penilaian dilakukan Tim Penilai Nasional dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Baca Juga: Kanwil DJP Jabar I Imbau Wajib Pajak Manfaatkan Layanan Online SPT Tahunan

“Penilaian kantor pelayanan terbaik ini sekaligus merupakan bentuk pelaksanaan area perubahan dalam zona integritas, yaitu area manajemen perubahan, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik,” kata Erna Sulistyowati, Kamis 28 Oktber 2021.

Penganugerahan kantor pelayanan terbaik itu digelar di Pangandaran, Selasa 26 Oktober 2021. Acara dilaksanakan usai Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Kanwil DJP Jabar I yang kali ini mengusung tema “Jabar Hiji, Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh - Meningkatkan Kinerja dan Kualitas Pelayanan.”

“Semoga KPP Pratama Soreang dapat lanjut ke tingkat nasional dengan terus menjaga kinerja dan performa terbaik yang sudah diraih,” ujar Erna Sulistyowati.

Baca Juga: Kanwil DJP Jabar I Apresiasi Laporan SPT Tahunan Kepala BPBD Jabar

Sedangkan, Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Jabar I Abdul Ghofir menuturkan kegiatan penilaian kantor pelayanan terbaik itu digelar sebagai evaluasi terhadap penyelenggaraan pelayanan publik serta pemberian apresiasi terhadap kantor pelayanan terbaik di lingkungan Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

Hal itu sesuai Keputusan Menteri Keuangan Nomor 239/KM.1/2021 tentang pedoman penilaian kantor wilayah terbaik dan kantor pelayanan terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan.

Ghofur menuturkan, penilaian dilakukan terhadap beberapa komponen dan indikator antara lain evaluasi mulai dari unit pelayanan publik, sarana, prasarana kebutuhan khusus, inovasi, hingga prestasi unit kerja.

Baca Juga: Capai Target Kepatuhan, Kanwil DJP Jabar I Raih Penghargaan Menkeu

“Kami sangat berharap kegiatan penilaian kantor pelayanan terbaik Kantor Wilayah DJP Jabar I 2021 ini dapat meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan pada seluruh KPPP di lingkungan Kanwil DJP Jabar I,” sebutnya.***(*)


Editor : inilahkoran