• Rabu, 26 Januari 2022

Frisian Flag Indonesia Dongkrak Produktivitas Susu

- Jumat, 19 November 2021 | 14:07 WIB
 (istimewa)
(istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - DDP sejauh ini menjangkau lebih dari 20 ribu peternak sapi perah. Program FFI itu dilakukan untuk meningkatkan produktivitas susu di Indonesia.

Tak hanya mengembangkan produktivitas, PT Frisian Flag Indonesia (FFI) pun melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan kapabilitas para peternak sapi perah lokal. Corporate Affairs Director FFI Andrew F Saputro mengatakan, untuk itu pihaknya memiliki program program Dairy Development Program (DDP).

Hingga saat ini, DDP menjangkau lebih dari 20 ribu peternak sapi perah dan bermitra dengan 15 koperasi, kelompok peternak, dan mega farm yang tersebar di berbagai titik di Pulau Jawa dan Sumatera. Tujuan utama program tersebut yakni memusatkan perhatian pada peningkatan terhadap kesejahteraan melalui pengembangan kapabilitas komunitas peternak sapi perah mengenai good dairy farming practice (GDFP). Di antaranya melalui teknik peternakan, manajemen peternakan, dan kebersihan kandang.

Baca Juga: Tingkatkan Produksi Sapi Perah, Frisian Flag Indonesia Renovasi Kandang Peternak

Menurutnya, melalui upaya tersebut peternak diharapkan dapat meningkatkan standar tata kelola dan tata laksana peternakan. Ujungnya, peningkatan kualitas dan kuantitas produksi susu segar dalam negeri (SSDN) bisa terealisasi.

“Program DDP didukung para ahli dari perusahaan untuk memberikan pelatihan dalam bidang pengetahuan nutrisi hewan, manajemen kandang, perawatan, pembibitan, reproduksi, dan pemeliharaan pedet,” kata Andrew di Bandung, Kamis 18 November 2021.

Dia menuturkan, FFI melalui program DDP juga membuat beberapa peternakan percontohan sebagai benchmark peternakan ideal dengan memanfaatkan material lokal. Beberapa program yang dijalankan juga merupakan hasil kolaborasi dari berbagai pihak dan dukungan dari berbagai mitra, salah satunya kerja sama dengan Pemerintah Kerajaan Belanda.

Baca Juga: Ikut Peduli Dampak Covid-19, Frisian Flag Sumbang Produk Senilai Rp4 Miliar

Lebih detail, Andrew menjelaskan, beberapa program DDP yang dijalankan yakni Milk Collection Point (MCP). Melalui kemitraan dengan Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan, Kabupaten Bandung sejak 2015 FFI membangun MCP bersistem barcode digital untuk membantu peternak sapi perah lokal dalam meningkatkan kualitas dan mendapatkan harga susu yang lebih adil.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X