• Minggu, 23 Januari 2022

Ninja Xpress Dukung Pelaku UKM untuk Semakin Produktif

- Rabu, 1 Desember 2021 | 14:37 WIB
Ninja Xpress sebagai penyedia layanan logistik memberikan dukungan kepada pelaku UKM agar semakin produktif. (Istimewa)
Ninja Xpress sebagai penyedia layanan logistik memberikan dukungan kepada pelaku UKM agar semakin produktif. (Istimewa)
INILAHKORAN, Bandung- Ninja Xpress sebagai penyedia layanan logistik memberikan dukungan kepada pelaku UKM agar semakin produktif.
 
Upaya mendukung pelaku UKM agar semakin produktif tersebut dilakukan dengan menghadirkan berbagai program loyalitas bertajuk Ninja Rewards.
 
Berangkat dari semangat “Siap Bantu Sampai Tujuan”, Ninja Xpress berkomitmen memastikan ketepatan, kemudahan dan solutif dalam menjawab kebutuhan customer, salah satunya untuk para pelaku UKM di wilayah Bandung.
 
Menurut laporan Suara UKM Negeri garapan Ninja Xpress dan Markplus, dalam hal pemasaran, 57% UKM mengharapkan bantuan untuk melakukan promosi menggunakan iklan Facebook atau Instagram.
 
 
Lalu 56% menginginkan bantuan penggunaan influencer untuk mempromosikan produknya.
 
Untuk itu, Ninja Xpress dukung semangat UKM untuk tetap produktif melalui Ninja Rewards.
 
“Berbagai jenis program yang disediakan melalui Ninja Rewards, diharap mampu membantu pelaku UKM untuk semakin produktif, dan berkembang lebih cepat seperti Point Rewards, Creative Hub, Prima Benefit, Aksilerasi, dan Pinjaman Modal,” ujar CMO Ninja Xpress Andi Djoewarsa.
 
Diketahui, Creative Hub Bandung hadir sejak 2020, telah bantu ratusan UKM Bandung semakin produktif lewat materi promosi produk dengan layanan gratis.
 
Sudah lebih dari 20.000 produk telah diambil foto produknya di dalam Ninja Creative Hub yang telah tersebar di beberapa wilayah yang tersedia seperti di Jakarta, Bandung, Bogor, Yogyakarta. 
 
“Di Bandung, kami melihat antusiasme yang cukup tinggi dari para pelaku UKM, sehingga terhitung sejak bulan Juli 2020 hingga Oktober 2021, sudah lebih dari 800 pelaku UKM memanfaatkan Creative Hub, mengirimkan sampai dengan 10.000 produk ke Creative Hub Bandung,” tegas Andi.
 
 
Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, produk terbanyak dari pelaku UKM yang mengirimkan produk ke Creative Hub adalah produk makanan dan minuman, fesyen, kosmetik, aksesoris, dan lain-lain. 
 
Youthcase.id salah satu pelaku UKM dengan produk unggulan case handphone, dan Zallatra produk fesyen wanita menjadi pelaku UKM yang paling banyak mengirimkan produk untuk dilakukan foto dan video.
 
Ninja Xpress memberi kesempatan bagi pelaku UKM di wilayah Bandung dapat memanfaatkan langsung program Creative Hub secara langsung yang berlokasi di Paberik kopi upnormal coffee roasters. Adapun Creative Hub Bandung beroperasi Senin hingga Jumat pada pukul 10:00 hingga 17:00 WIB.
 
Selain memberikan fasilitas Creative Hub, kehadiran Ninja Xpress di Bandung menggandeng brand lokal ternama Bandung untuk sama-sama mendukung pengrajin lokal rintisan yang diwujudnyatakan dalam program Lokalisme sebagai wadah kolaborasi brand kebanggaan tanah air dengan para pengrajin tradisional.  
 
 
Lokalisme pada Q4 2021 ini bekerja sama dengan USS Feed. Ninja Xpress membantu pengrajin lokal yang memiliki unsur budaya tradisional dengan brand lokal yang lebih modern untuk dapat menggaet generasi muda lebih sadar dan peduli terhadap unsur tradisional.
 
Kolaborasi brand kebanggaan tanah air dengan para pengrajin tradisional dari tiga kota berbeda berhasil dihelat. Pertama, brand spesialisasi aksesoris etnik ‘Kal Akkara’ yang berkolaborasi dengan pengrajin perak legendaris Jogja ‘HS Silver’. Lalu, kolaborasi pakaian minimalis dari brand ‘Better Goods’ dengan pengrajin kain celup ‘Tarum Bali’.
 
"Ninja Xpress menyimpan harapan tinggi untuk pelaku UKM khususnya di Bandung. Perhelatan Lokalisme ini juga memperkuat komitmen Ninja Xpress untuk siap membantu dan memberi wadah bagi industri lokal agar dapat semakin produktif bersaing di pasar," kata Andi.
 
 
Di Bandung, kolaborasi Lokalisme diadakan antara brand sepatu lokal ‘Saint Barkley’ Bandung dengan ‘Ridaka Tenun’ Pekalongan. Terinspirasi dari semangat yang sama “Siap Bantu Sampai Tujuan” yang selalu digaungkan Ninja Xpress, Saint Barkley menunjukan optimisme yang tinggi dalam kolaborasi bersama pengrajin lokal Ridaka.
 
Nama Saint Barkley sendiri sudah tidak asing sebagai brand lokal yang semakin dikenal pada saat salah satu sneakers diboyong oleh Presiden Jokowi dalam gelaran Jakarta Sneakers Day.
 
Potensi yang sangat baik juga ditunjukan Ridaka yang dapat terus berkembang. Ridaka termasuk kerajinan tradisional yang memiliki keunikan karena dibuat dari bahan-bahan alami seperti, kain tenun dari keset dan kursi eceng gondok, dan kain serat nanas.
 
 
“Lewat Lokalisme, kolaborasi ‘Saint Barkley’ Bandung dengan ‘Ridaka Tenun’ Pekalongan telah terjual 10 produk yaitu sepatu. Bukan soal jumlah produk yang dijual, dari kolaborasi tersebut kami berharap menjadi pembuka dan titik awal yang baik. Hal tersebut sejalan dengan tujuan utama kolaborasi Lokalisme, mengangkat budaya lokal agar semakin vokal di nusantara,” ujar Co-Founder Saint Barkley Davit.*** (riantonurdiansyah). 
 
 
 

Editor: Bsafaat

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X