• Selasa, 18 Januari 2022

Lebih Murah, Mendag Siapkan Kemasan Minyak Goreng Sederhana Lewat Operasi Pasar

- Rabu, 5 Januari 2022 | 14:01 WIB
Minyak Goreng.  (Ilustrasi)
Minyak Goreng. (Ilustrasi)

INILAHKORAN, Bandung - Menteri Perdagangan  (Mendag) Muhammad Lutfi  mengatakan, di masa pandemi ini pihaknya melakukan berbagai upaya untuk memastikan harga barang kebutuhan pokok tetap stabil.

Namun salah satu bahan pokok, yakni minyak goreng kini mengalami kenaikan harga di sejumlah pasar. Berdasarkan pantauan InilahKoran di laman resmi Kemendag, harga minyak goreng Rp17 ribu - Rp18,5 ribu per liter.

Namun Lutfi menyampaikan, penyaluran minyak goreng kemasan sederhana dengan harga Rp14.000 per liter yang selama masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, telah dilakukan melalui ritel modern akan diperluas melalui pasar tradisional dan tetap melaksanakan operasi pasar.

Baca Juga: Pelarangan Minyak Goreng Curah Dibatalkan, Pemkot Bandung Akan Ikuti Kebijakan Pusat

“Stabilitas harga pangan menjadi perhatian serius pemerintah. Tidak hanya minyak goreng, tetapi juga barang kebutuhan pokok lainnya. Stabilitas harga merupakan mandat yang diamanahkan Presiden yang kami laksanakan dengan sungguh-sungguh agar masyarakat bisa menikmati harga yang wajar,” tandasnya.

Kenaikan harga minyak goreng saat ini dipengaruhi oleh harga crude palm oil (CPO) dunia yang naik menjadi 1.340 Dolar AS/MT.

Kenaikan harga CPO ini menyebabkan harga minyak goreng ikut naik cukup signifikan.

Pantauan Kementerian Perdagangan per 3 Januari 2022, harga minyak goreng curah sebesar Rp17.900 per liter, minyak goreng kemasan sederhana sebesar Rp18.500 per liter, dan minyak goreng premium sebesar Rp20.300 per liter.***

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Investasi Emas Masih Menjanjikan di Tahun Ini

Rabu, 12 Januari 2022 | 16:18 WIB
X