• Rabu, 29 Juni 2022

Selama Liburan Nataru, Trafik Data XL Axiata Naik 38%

- Rabu, 5 Januari 2022 | 18:53 WIB
Selama liburan Nataru, trafik data XL Axiata naik 38%. (istimewa)
Selama liburan Nataru, trafik data XL Axiata naik 38%. (istimewa)

INILAHKORAN, Bandung - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menjaga kualitas layanan sepanjang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) akhir 2021 kemarin.

Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata I Gede Darmayusa mengatakan, saat liburan akhir tahun ini terjadi kenaikan trafik data hingga 38% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurutnya, kenaikan tertinggi terjadi pada perayaan Natal itu sebesar 7% dan trafik pada Tahun Baru 15% dibandingkan hari normal. Dia menyebutkan, seperti yang telah diprediksi  XL Axiata layanan streaming mendominasi kenaikan trafik layanan. Sebaliknya, trafik layanan legacy percakapan dan SMS mengalami penurunan sebesar 3%.

Baca Juga: XL Axiata Raih Beragam Penghargaan di Penghujung 2021

”Jauh-jauh hari kami di XL Axiata menyiapkan jaringan untuk melayani pelanggan selama libur panjang Nataru. Adanya kesempatan bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan dan berwisata, sejak awal kami memprediksi kemungkinan akan ada kenaikan trafik data. Kami melakukan peningkatan kapasitas hingga dua kali lipat, pengerahan mobile BTS, menyiapkan genset lengkap dengan bahan bakarnya di area-area rawan bencana, serta kesiapan melakukan rekayasa pengalihan jaringan di area yang terganggu ke jaringan yang ada di sekitarnya,” jelas Gede, Rabu 5 Januari 2022.

Selain itu, data XL Axiata juga menunjukkan tinginya aktivitas digital yang dilakukan pelanggan dalam mengisi masa liburan Nataru. Meski tak ada pembatasan perjalanan, trafik data di area pemukiman tetap naik sekitar 2% dibandingkan hari normal. Beberapa kawasan pemukiman/perumahan yang mengalami kenaikan tersebut, terutama adalah perumahan di Jakarta, Tegal, Depok, Solo, Kediri, Bekasi, Batam, Jambi, Palembang, dan sebagainya.

Dari keseluruhan trafik layanan selama Nataru, Gede menyebutkan hal itu didominasi trafik dari aktifitas web browsing sebesar 42%, akses media sosial sebesar 29%, streaming video sebesar 21%, games 4%, dan lain-lain 4%. Dari sisi kenaikan trafik, aktivitas games meningkat trafiknya hingga 183%, kemudian akses file sebesar 24%, streaming 11%, serta web browsing 8%.

Baca Juga: Kolaborasi XL Axiata dan SCOPI Terapkan Solusi IoT untuk Meningkatkan Kualitas Kopi

Untuk trafik aktifitas video call dan conference, Facebook meningkat sebesar 27%, Telegram 22% serta Line dan WhatsApp masing-masing sebesar 10%. Sedangkan untuk trafik akses media sosial, Instagram meningkat 33%, disusul WhatsApp 30%,Twitter 19% serta Facebook 18%.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adaptasi Digital Lejitkan Kinerja bank bjb 2021

Selasa, 28 Juni 2022 | 15:26 WIB

Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Adha Tahun 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:50 WIB
X