Investasi Emas Masih Menjanjikan di Tahun Ini

Para investor tidak perlu khawatir dengan fluktuasi harga emas yang saat ini terjadi. Harga emas diprediksi akan melonjak menjelang Imlek.

Investasi Emas Masih Menjanjikan di Tahun Ini
Kepala Cabang RFB Bandung Anthony Martanu mengatakan investor tidak perlu khawatir. Sebab, investasi emas masih menjanjikan di tahun ini.

INILAHKORAN, Bandung - Kepala Cabang PT Rifan Finansindo Berjangka (RFB) Bandung Anthony Martanu mengatakan, para investor tidak perlu khawatir dengan fluktuasi harga emas yang saat ini terjadi.

"Karena pada perdagangan berjangka, setiap investor emas memiliki peluang yang sama. Baik saat harga sedang bullish, maupun bearish," kata Anthony, Rabu 12 Januari 2022.

Dia menjelaskan, harga emas diprediksi akan terbang tinggi menjelang Hari Raya Imlek yang jatuh pada 1 Februari mendatang. Pada hari raya tersebut biasanya dapat membangkitkan ekspektasi harga emas bagi para investor.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Anjlok 25,5 dolar, Ini Penyebabnya

"Selain kenaikan emas di Tiongkok, peningkatan kasus varian Covid-19 Omicron, ditambah tren peningkatan suku bunga rill di Amerika Serikat yang rendah. Ini akan mendorong harga emas terus meningkat," ucapnya.

Selain hal tersebut, Anthony mengatakan, tingkat inflansi yang tinggi hingga lebih dari enam persen di AS akan memangkas keperkasaan dolar, dan mengancam pertumbuhan ekonomi AS di tahun depan.

"Alhasil para investor akan mencari alternatif aset safe haven. Salah satunya adalah emas untuk mengamankan nilai portfolio mereka," ujar dia.

Baca Juga: Harga Emas Melemah di Perdagangan Asia, Ini Penyebabnya

Meski demikian, Anthony mengingatkan memasuki kuartal kedua 2022 nanti harga emas diperkirakan cenderung terkoreksi atau stagnan sejalan dengan pengetatan kebijakan moneter negara AS.

"Yang jelas, emas masih layak di tahun ini," tandasnya. (Yogo Triastopo)


Editor : inilahkoran