• Senin, 4 Juli 2022

Belum Kebagian Bantuan dan Sudah Lapor Via Aplikasi Cek Bansos, Ini Tahapan Selanjutnya

- Selasa, 10 Mei 2022 | 22:07 WIB
Calon Pengusul Penerima Bansos Dapat Melakukan di Aplikasi Cek Bansos Kemensos (Tangkapan layar YouTube Kemensos RI/ depok.Pikiran-Rakyat.com)
Calon Pengusul Penerima Bansos Dapat Melakukan di Aplikasi Cek Bansos Kemensos (Tangkapan layar YouTube Kemensos RI/ depok.Pikiran-Rakyat.com)

INILAHKORAN, Bandung - Respon masyarakat yang masuk ke aplikasi Cek Bansos, baik terkait kelayakan atau usulan baru akan masuk ke dashboard aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG) user supervisor di Dinas Sosial Kabupaten/Kota.

Pada menu ini supervisor Kabupaten/Kota harus melakukan verifikasi terhadap data dalam tabel yang tampil.

Selanjutnya Dinas Sosial melakukan verifikasi data tersebut dengan mengecek kesesuaian informasi yang disampaikan dengan kondisi yang sebenarnya di lapangan.

Baca Juga: Ada Penyelewengan Bansos Tahun 2022, Buruan Lapor Pakai Aplikasi Cek Bansos

Data hasil verifikasi yang disetujui akan dikirimkan ke dalam usulan baru di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) melalui aplikasi sistem SIKS-NG online yang disertai surat pengesahan dari kepala daerah untuk diproses dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Sosial.

Sebagai sebuah inovasi dari Kemensos, aplikasi cek bansos mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2022 lewat Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik. Saat ini penilaian masih berlangsung di bawah kewenangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI (PANRB).

Aplikasi dapat diunduh lewat Play Store di smartphone berbasis Android dengan nama Aplikasi Cek Bansos, dengan memastikan pengembang aplikasinya adalah Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk menghindari aplikasi tiruan.***

Editor: Rinda Suherlina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adaptasi Digital Lejitkan Kinerja bank bjb 2021

Selasa, 28 Juni 2022 | 15:26 WIB
X