PLN Aktif Kelola Limbah FABA menjadi Barang Bernilai Ekonomis

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:36 WIB
PT PLN yang memanfaatkan limbah sisa pembakaran batu bara (fly ash bottom ash atau FABA) untuk membangun berbagai infrastruktur di Tanah Air. (istimewa)
PT PLN yang memanfaatkan limbah sisa pembakaran batu bara (fly ash bottom ash atau FABA) untuk membangun berbagai infrastruktur di Tanah Air. (istimewa)

INILAHKORAN, Pandeglang - Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi langkah PT PLN yang memanfaatkan limbah sisa pembakaran batu bara (fly ash bottom ash atau FABA) untuk membangun berbagai infrastruktur di Tanah Air.

Salah satunya pemanfaatan limbah FABA untuk membangun Rumah Sakit Mathla’ul Anwar di Banten yang dilakukan anak usaha PLN, PT Indonesia Power (IP).

Erick menilai kerja sama IP dengan Mathla’ul Anwar dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan FABA sudah sangat bagus. Kontribusi PLN Group melalui kehadiran pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Banten 2 Labuan, dan IP pada Universitas Mathla’ul Anwar ini dinilai mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat.

Baca Juga: Legislator Partai Gerindra Minta Gedung SMPN dan GOM Gunung Putri Segera Digunakan

"Khususnya dalam pemanfaatan FABA untuk rehabilitasi rumah dampak gempa, infrastruktur, serta pemanfaatan FABA menjadi pupuk organik yang diberikan kepada masyarakat patut mendapatkan apresiasi," ujarnya dalam Halal Bihalal dan peringatan HUT ke-109 Pengurus Besar Mathla’ul Anwar Pusat di Kecamatan Menes, Pandeglang, beberapa waktu lalu.

Terlebih program ini tidak keluar dari fokus TJSL BUMN pada tiga program, yakni pendidikan, lingkungan hidup, dan UMKM.

"Sudah bukan waktunya lagi BUMN menjadi menara gading di tengah tantangan disrupsi digital. BUMN harus memiliki peran yang semakin strategis dalam pembangunan nasional dan pemberdayaan masyarakat," tegas Erick.

Baca Juga: Bikin Bangga! Ini 7 Atlet KBB yang Berlaga di SEA Games Vietnam

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama IP M Ahsin Sidqi yang turut mendampingi Menteri BUMN meninjau pembangunan Rumah Sakit Mathla’ul Anwar menyebutkan limbah padat yang dihasilkan dari proses pembakaran batu bara pada PLTU menjadi bahan baku keperluan berbagai sektor yang dapat membangkitkan ekonomi masyarakat.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN Genjot EBT Biomassa

Selasa, 5 Juli 2022 | 14:39 WIB

Adaptasi Digital Lejitkan Kinerja bank bjb 2021

Selasa, 28 Juni 2022 | 15:26 WIB
X