• Senin, 27 Juni 2022

Tunnel 2 di Jatiluhur Mulus Ditembus, Proyek 13 Terowongan KCJB Rampung Tersambung

- Rabu, 22 Juni 2022 | 16:52 WIB
Progres proyek tunnel 2 KCJB di Jatiluhur, Purwakarta. (Aprillio Akbar)
Progres proyek tunnel 2 KCJB di Jatiluhur, Purwakarta. (Aprillio Akbar)

INILAHKORAN, Bandung - Sebanyak 13 terowongan proyek KCJB kini rampung tersambung usai tunnel 2 di Jatiluhur mulus ditembus.

Direktur PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi mengaku lega dengan rampungnya tunnel 2 yang notabene proyek terowongan terpanjang kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang berada di Jatiluhur, Purwakarta.

“Ini adalah salah satu milestone yang terpenting dalam proses penyelesaian proyek KCJB. Hari ini, kami breakthrough tunnel 2 terowongan yang ada di Jatilihur,” kata Dwiyana dikutip Antara, Selasa 21 Juni 2022.

Baca Juga: Renovasi Interior Ruang Kerja Bupati dan Wabup Bandung Rp2 Miliar, Begini Reaksi Warga

Menurutnya, proses pengerjaan tunnel 2 sepanjang 1.040 meter itu menjadi salah satu titik konstruksi yang mempunyai tantangan tinggi. Lantaran, terowongan tersebut berada di tanah lempung. Secara faktual, proyek terowongan berhasil diselesaikan pada Jumat 17 Juni 2022 lalu.

Dia menuturkan, jenis tanah tersebut mempunyai karakteristik yang mudah lapuk apabila terekspos saat penggalian, sehingga berpotensi menimbulkan pergerakan konstruksi timbunan maupun jalan yang terdapat di atasnya. Tanah lempung tersebut tergolong ekstrem karena jika terekspos air dan udara dapat mengurangi hingga 80% daya dukung tanah.

“Pengerjaan tunnel 2 ini adalah salah satu obstacle terberat dalam pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung karena kondisi geologi yang dipenuhi clay shale,” ujarnya.

Baca Juga: Daripada Jalan Puncak II, Mulyadi Lebih Memilih Jalan Tol Caringin Cianjur Lantaran Realistis

Bahkan, guna mencari solusi konstruksi itu KCIC melakukan beberapa mitigasi dengan menambah galian yang semula dua titik menjadi empat titik. Selain itu, perusahaan juga menambah tenaga kerja hingga meningkatkan jumlah layer yang dari tiga lapis menjadi sembilan lapis untuk menghindari adanya runtuhan galian. KCIC melapisi dinding dan atap terowongan dengan double sheet wall agar memperkokoh terowongan tersebut, sehingga memperlambat pekerjaan proyek.

Halaman:

Editor: donramdhani

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Kebutuhan Pokok Jelang Idul Adha Tahun 2022

Minggu, 26 Juni 2022 | 21:50 WIB
X