Telkom Jabar Dukung UMKM Cirebon Naik Kelas via Aplikasi

EVP Telkom Jabar Syaifudin mengatakan, Telkom Indonesia mendukung pelaku UMKM Cirebon naik kelas dengan menginisiasi digitalisasi aplikasi.

Telkom Jabar Dukung UMKM Cirebon Naik Kelas via Aplikasi
EVP Telkom Jabar Syaifudin mengatakan, dengan aplikasi My Sooltan memungkinkan para pelaku UMKM Cirebon untuk menerima pembayaran secara nontunai dengan memanfaatkan QR Code.



INILAHKORAN, Bandung - EVP Telkom Jabar Syaifudin mengatakan, Telkom Indonesia mendukung pelaku UMKM Cirebon naik kelas dengan menginisiasi digitalisasi melalui aplikasi My Sooltan dan meng-upgrade metode pembayaran pelaku UMKM setempat.

Menurutnya, aplikasi yang dikembangkan Telkom Jabar tersebut memungkinkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM Cirebon untuk menerima pembayaran secara nontunai dengan memanfaatkan QR Code.

Beberapa waktu lalu, Telkom Jabar bersama General Manager Witel Cirebon Ferry Zuljanna hadir dalam kegiatan Pasar Rakyat dan UMKM BUMN mendampingi Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Kabupaten Kuningan, Jumat 3 Juni 2022. Kegiatan itu menjadi momen berharga bagi UMKM Cirebon memperkenalkan produknya kepada masyarakat dan meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Gelar UMi Youthpreneur 2022, PIP Sokong Wirausahawan Muda

Tidak hanya untuk meningkatkan daya saing, upaya ini juga untuk meningkatkan resiliensi UMKM terhadap dampak penyebaran Covid-19. Sebagaimana yang terjadi di lapangan, UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terkena dampak pandemi.

Syaifudin menyebutkan, kegiatan tersebut bisa meningkatkan denyut perekonomian yang sempat melemah semenjak pandemi berlangsung.

“Kegiatan ini hadir sebagai bentuk sinergi BUMN untuk terus mendorong pertumbuhan UMKM daerah,” ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Lepas 413 Calon Jemaah Haji Kloter 34 asal Jawa Barat

Selain itu, Telkom Indonesia juga upscaling para UMKM dengan memperkenalkan aplikasi alat transaksi UMKM Go Online yaitu My Sooltan. Alat transaksi ini dilengkapi metode pembayaran digital QR Code yang sangat memudahkan proses pembayaran.

Staff Khusus III Kementerian BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengatakan, Telkom Indonesia ditunjuk memberikan pelatihan digital bagi para UMKM terkait bagaimana cara memaksimalkan penggunaan aplikasi ini.

Selain itu, Telkom Indonesia juga membantu mensejahterakan UMKM dengan menghadirkan akses IndiHome sebagai internetnya Indonesia di seluruh wilayah Jawa Barat.
“Harapan saya TelkomGroup bisa menjadi partner teman-teman UMKM untuk bisa maju melalui berbagai produk-produk yang kami hadirkan”, tutup Syaifudin. (*)


Editor : inilahkoran