Triwulan II 2022, bank bjb Cetak Laba Rp1,49 Triliun

Sepanjang triwulan II 2022, bank bjb berhasil membukukan laba sebesar Rp1,49 triliun atau tumbuh 28,5% (yoy).

Triwulan II 2022, bank bjb Cetak Laba Rp1,49 Triliun
Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi menegaskan sepanjang triwulan II 2022 ini bank bjb berhasil membukukan laba sebesar Rp1,49 triliun. Kinerja bisnis yang tumbuh positif didapatkan melalui kolaborasi dan inovasi digital.

INILAHKORAN, Bandung - Sepanjang triwulan II 2022, bank bjb berhasil membukukan laba sebesar Rp1,49 triliun atau tumbuh 28,5% (yoy).

Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) Yuddy Renaldi menegaskan, kinerja bisnis yang tumbuh positif itu didapatkan melalui kolaborasi dan inovasi digital.

“Bank bjb berhasil mencetak performa positif dan tumbuh lebih tinggi pada triwulan II 2022 ini berkat kerja keras seluruh insan bank bjb, kepercayaan nasabah serta dukungan penuh pemegang saham,” kata Yuddy saat Analyst Meeting Kuartal 2 2022 di Menara bank bjb, Bandung, Rabu 27 Juli 2022.

Baca Juga: Matangkan Pelayanan Pendidikan, Calon Kepala Sekolah Ditempatkan di Lingkungan Disdik KBB

Menurutnya, di tengah kondisi industri perbankan yang tertekan akibat pandemi, bank bjb secara konsisten terus mencatatkan kinerja terbaik sampai dengan triwulan II 2022.

Selain itu, total aset bank bjb pun tumbuh 14,6% menjadi Rp172,4 triliun. Capaian itu diakuinya berada di atas pertumbuhan bank pembangunan daerah (BPD) yakni sebesar 11,7%. Bahkan,catatan itu pun lebih baik dari pertumbuhan perbankan nasional sebesar 9,2%.

Kredit yang disalurkan termasuk pembiayaan bank bjb juga tumbuh 12.8% menjadi Rp110,2 triliun. Realisai itu terhitung tumbuh lebih baik dibandingkan dengan BPD yakni sebesar 5,9% dan industri perbankan nasional sebesar 6,7%.

Baca Juga: Sisakan Foto Bersama Amanda Manopo Tanpa Putri Anne di Instagram, Isu Arya Saloka Bercerai Kembali Mencuat

“Kualitas kredit bank bjb terjaga dengan sangat baik menjadi 1,1%, masih di bawah BPD sebesar 2,63% maupun industri perbankan nasional sebesar 2,99%,” tambahnya.

Sedangkan, Dana Pihak Ketiga (DPK) entitas dengan kode saham BJBR di pasar modal Indonesia itu berhasil naik 14,7% menjadi Rp133,2 triliun. Capaian itu lebih tinggi dibandingkan dengan BPD sebesar 11,5% maupun pertumbuhan industri perbankan nasional sebesar 10%.

“Secara tahunan, laba bank bjb tumbuh 28,5% menjadi Rp1,49triliun. Dan ini merupakan suatu kebanggaan di triwulan II 2022, karena kami sudah mampu mencapai Rp1,49 triliun dan tumbuh positif selama tiga tahun berturut-turut di tengah tekanan perekonomian,” tutur Yuddy.

Baca Juga: Kekasih Mendiang Brigadir Yosua Minta Perlindungan Sebagai Saksi

Kinerja positif bank bjb juga didukung neraca yang solid dengan rasio pencadangan sebesar 152,9%, loan at risk sebesar 6,68%, efisiensi terjaga dengan beban operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO) 78,4%, dan fee based income tumbuh 28,8%.

Di bagian lain, Yuddy menjelaskan di tengah berkembangnya ekonomi digital ini bank bjb senantiasa terus mengembangkan ekosistem yang dimiliki dengan produk dan fitur yang ditingkatkan kemampuannnya dengan experience yang terus dikembangkan.

Saat ini, telah terbentuk ekosistem digital yang meliputi pengguna aplikasi mobile bjb DIGI sebanyak lebih dari 849 ribu pengguna, atau tumbuh hampir 5 kali lipat dari tahun sebelumnya. QRIS merchant bank bjb juga tumbuh hampir 90 kali lipat dari semula 7.458 merchant pada 2020 dan saat ini menjadi lebih dari 655 ribu merchant.

Baca Juga: Miris, Lima Tahun Murid SDN Kalimeang III Kabupaten Cirebon Belajar di Teras Sekolah

Agen Laku Pandai melalui bjb BiSA yang saat ini lebih dari 7.500 agen dan ke depannya akan terus dikembangkan melalui skema kerjasama dengan berbagai pihak. Ekosistem digital bank bjb tersebut menyumbang hampir 40% fee base income yang tumbuh 28,8%.

“Ekosistem keuangan bank bjb dalam konsep branchless bank akan terus dioptimalkan utilitasnya dan dikejar pertumbuhannya hingga menjadi bagian dari kontributor fee based income yang jauh lebih besar di masa yang akan datang,” sebutnya yakin.

Kinerja positif yang dicapai juga membuat bank bjb mendapat banyak pengakuan dan penghargaan dari berbagai pihak yang dibuktikan dengan diterimanya 40 penghargaan. (dnr)


Editor : inilahkoran