Elektabilitas dan Popularitas Ridwan Kamil Melambung Setelah Badai

Elektabilitas dan popularitas Ridwan Kamil terus melambung mendekati tiga tokoh yang menguasai papan atas Calon Presiden (Capres) 2024

Elektabilitas dan Popularitas Ridwan Kamil Melambung Setelah Badai
Founder Cyrus Network Hasan Nasbi sebut elektabilitas Ridwan Kamil meningkat mengalahkan empat calon Presiden lainnya.

INILAHKORAN, Bandung - Elektabilitas dan popularitas Ridwan Kamil terus melambung mendekati tiga tokoh yang menguasai papan atas Calon Presiden (Capres) 2024, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Peningkatan elektabilitas dan popularitas Ridwan Kamil tersebut seperti yang ditunjukan hasil sigi terbaru Cyrus Network.

Di tengah melambatnya kenaikan elektabilitas para tokoh ada Juli 2022 lalu, Ridwan Kamil justru mengalami peningkatan yang paling tinggi. Hal tersebut disampaikan Founder Cyrus Network Hasan Nasbi dalam siarannya via youtube berjudul “Badai Ridwan Kamil”.

“Meningkatnya eksponensial, bukan peningkatan yang biasa dicapai kandidat lainnya, yang mendapatkan itu Ridwan Kamil,” ujar Hasan Nasibi, Senin  15 Agustus 2022.

Baca Juga : Pramuka Jabar Tebar Kebermanfaatan, Atalia Praratya Kamil Raih Lencana Karya Bakti

Sebelum Juli 2022 angka Ridwan Kamil hanya menyentuh 60 persen, sementara di akhir Juli sigi pihaknya menunjukan popularitas Ridwan Kamil sudah di atas 80 persen.

“Elektabilitasnya itu 1 digit antara 6-7 persen, Maret 2022 itu di angka 7 persen. Akhir Juli elektabilitasnya naik 100 persen menjadi 14 persen, tiba-tiba mendekati Anies Baswedan. Anies 18, Ridwan Kamil 14, beda empat angka saja,” tuturnya.

Tidak hanya dalam bursa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, hasil sigi positif juga terlihat dalam survei Cagub Jabar 2024. Menurutnya pada Maret 2022, elektabilitas Ridwan Kamil untuk 10 calon gubernur Jabar sudah terpantau powerful di angka 54 persen. Namun pada akhir Juli, angkanya naik 10 persen menjadi 64 persen. “Naik 10 poin itu luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga : Menyongsong 2024, KPU Jabar Prioritaskan Kesiapan dan Kesehatan Personel

Hasan menilai, kenaikan ini merupakan berkah positif dari badai yang menerpa Ridwan Kamil dan keluarga saat musibah hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril di Sungai Aere, Swiss Juni lalu.

Halaman :


Editor : asayuti