Empat Fungsi Dashcam Mobil Sangat Berguna Modus Begal sedang Marak

Kejahatan di jalanan terus terjadi, berbagai macam modus dilakukan. Baru-baru ini, viral di media sosial video modus begal saat ini

Empat Fungsi Dashcam Mobil Sangat Berguna Modus Begal sedang Marak
ilustrasi


INILAHKORAN-Kejahatan di jalanan terus terjadi, berbagai macam modus dilakukan. Baru-baru ini, viral di media sosial video modus kejahatan pura-pura terserempet mobil di Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Untuk itu diperlukan kewaspadaan dan perlunya memasang dashcam alias dashboard camera. Dengan desain kompak, kamera dasbor bisa diletakkan dimana saja.

Cara kerja dashcam mirip dengan kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV). Kamera mini ini didesain untuk merekam kondisi jalanan selama mengemudi.

Baca Juga: Webinar HIMA PKnh Unpas, Kupas Tuntas Keunggulan Pariwisata Indonesia dan Ekonomi Kreatif

Terlepas dari apapun tujuannya, dashcam punya banyak fungsi penting. Mengutip Auto2000 berikut beberapa fungsinya:

1. Menjadi alat bukti terpercaya
Sering terjadi di seluruh penjuru dunia perdebatan antara pengguna kendaraan bermotor yang terlibat kecelakaan. Saling tuduh dan tuding kerap berujung adu jotos.

Bagi yang tidak mau terjebak dalam situasi seperti itu, menggunakan dashcam bisa menjadi solusi. Adanya rekaman gambar dapat menjadi sebuauh bukti otentik sehingga siapa yang salah dan benar dapat terlihat dengan baik.

Baca Juga: Setelah 10 Tahun, Akhirnya Jackson GOT7 Bisa Rayakan Tahun Baru Imlek Bareng Keluarga

2. Menghindarkan kita jadi korban pemerasan.

Seperti halnya pria yang diduga pura-pura menjadi korban tabrak lari, serta meneriaki maling kepada seorang pengendara mobil. Membuatnya mudah melakukan pemeresana jika tak ada bukti valid.

Untuk itu menggunakan dashcam dapat menghindari kita menjadi korban fraud atau pemerasan. Fraud merupakan sebuah tindakan seseorang yang berpura-pura tertabrak oleh mobil. Orang yang sebenarnya tidak mengalami luka serius itu pun menuntut ganti rugi kepada pemilik mobil karena tak mau memperpanjang masalah.

Baca Juga: Gelombang Ketiga Ancam Covid-19 Indonesia, Netty: Target Penurunan Stunting Semakin Berat

3. Memantau aktivitas di dalam mobil

Selain dapat digunakan merekam kejadian di luar mobil, dashcam juga dapat merekam apa yang terjadi dalam kabin. Biasanya ini akan dibutuhkan untuk keluarga yang mobilnya dikendarai supir untuk mobilitas anak. Dengan begitu orang tua dapat terus memantau situasi dari anak kesayangannya.

4. Jadi konten medsos yang menarik

Terakhir menggunakan dashcam juga dapat digunakan sebagai sarana komunikasi. Video-video yang direkam dapat diunggah kembali ke media sosial untuk berbagai keperluan. Bisa untuk mencari pelaku tabrak lari atau sekedar membagi kejadian pelanggaran lalu lintas yang lucu.***


Editor : inilahkoran