• Sabtu, 2 Juli 2022

Survei: 43 Persen Gen X dan Boomers Mulai Belanja Online Saat Pandemi

- Selasa, 10 November 2020 | 20:30 WIB
Ilustrasi/Antara Foto
Ilustrasi/Antara Foto

INILAH, Jakarta- Studi terbaru dari Facebook IQ tentang Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas menunjukkan bahwa 43 persen Gen X dan Boomers mulai berbelanja online saat pandemi.

"Sebanyak 43 persen yang kami survei dari Gen X dan Bookers mengatakan telah meningkatkan total pengeluaran belanja online mereka selama COVID-19," ujar Vertical Lead untuk Facebook di Indonesia, Aldo Rambie, dalam Facebook Summit Indonesia 2020, Selasa (10/11).

Generasi X adalah mereka yang lahir tahun 1965-1979, sementara generasi baby boomer adalah mereka yang lahir tahun 1944-1964.

Gen X dan Boomers mendominasi pertumbuhan seluler dan e-commerce. Menurut Aldo, hal itu bukan menjadi suatu hal yang mengejutkan. Sebab, dia mengatakan Indonesia merupakan negara dengan penetrasi mobile first, di mana telepon genggam menjadi acuan utama untuk customer journey.

Selanjutnya, riset Facebook IQ juga menunjukkan bahwa sebanyak 70 persen mengatakan mereka akan lebih mau membeli dari sebuah bisnis jika mereka bisa mengirimkan pesan ke bisnis online tersebut.

Secara umum, Groceries atau barang kebutuhan pokok sehari-hari menjadi kategori yang paling menikmati kenaikkan, di mana 56 persen orang yang di survey di Indonesia menyatakan mereka melakukan lebih banyak pembelian online di kategori ini.

"Secara umum, dari perspektif kategori kami melihat groceries atau kebutuhan pokok tinggi tahun ini. Tentunya, kategori kebutuhan pokok di online sangat kecil penetrasinya, kami melihat adanya akselerasi di sini," ujar Aldo.

Studi Facebook IQ juga memperlihatkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia sensitif terhadap harga, yang menunjukkan bahwa 11.11 dan 12.12 menjadi acara obral besar yang paling populer di Indonesia, menurut hasil survei.

Periode obral besar seperti Harbolnas adalah waktu dimana orang melakukan eksplorasi kategori produk baru. Milenial, sebanyak 41 persen dari yang disurvei, adalah kelompok yang paling terbuka dengan produk baru.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Terkini

Lirik Lagu​​​ Miss America – Bazzi

Jumat, 1 Juli 2022 | 21:30 WIB

Lirik Lagu​​​ Bad Habit – Steve Lacy

Jumat, 1 Juli 2022 | 19:30 WIB
X