• Sabtu, 27 November 2021

Cegah Paparan COVID-19, Siomay Dijual Pakai Drone

- Selasa, 15 Desember 2020 | 22:20 WIB
istimewa
istimewa

Pandemi COVID-19 membuat masyarakat menjadi kreatif dan inovatif, terutama dalam hal bisnis kuliner. Seperti yang dilakukan remaja berusia 13 tahun, Jason Surya yang berjualan siomay menggunakan drone.

Ide unik ini membuat bisnis siomay Jason yang bernama "Siomay Halal" di Kedai Tang Kitchen ini laris diserbu pembeli. Sebab, pesanan pelanggan bakal diantar dengan drone sehingga tak khawatir dengan paparan COVID-19.

Jason mengungkapkan ide gilanya ini berawal dari keprihatinan dirinya melihat tim medis yang kekurangan aat pelindung diri (APD) di awal Pandemi. Hal itu yang membuatnya mencoba inovasi menjual kuliner dengan menggunakan drone yang hasilnya dipakai dirinya untuk membantu penyediaan APD bagi para petugas medis itu.

"Awalnya aku sama teman-teman pakai drone ini untuk menjual makanan kesukaanku, karena aku memang hobi makan dan membuat makanan terutama siomai. Siomai yang aku sajikan itu diantar menggunakan drone dan diantarkan kepada pelangganku. Dari situ ternyata responsnya bagus makanya akhirnya tercetus ide menjual siomai dengan menggunakan drone sampai saat ini," ungkap Jason.

Ditambahkannya, pada mulanya semua penjualan siomai dilakukan secara online. Mengingat pada saat itu PSBB ketat diberlakukan.

"Saat pembelajaraan secara daring saya melihat kesempatan untuk memulai berjualan siomayisecara online. Tentunya dengan peralatan sederhana dan kebetulan punya hobi main drone juga. Saat itu terlintas kenapa gak pakai drone itu sebagai alat untuk mengantarkan makanan yang kujual terlebih saat itu kan PSBB yang mengharuskan kita tidak bertemu. Makanya ide itu semakin klop. Bersyukur responsnya juga baik dan tanggapan tetang rasa siomai juga banyak yang bilang enak. Alhasil seperti saat ini deh," tambah remaja kelas VIII sebuah SMP swasta di Surabaya ini.

Atas usahanya itu, Jason sempat bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menyambut baik ide dan inovasi yang dilakukan Jason dalam melakoni bisnis kuliner-nya itu.

"Saya sempat diundang ibu Tri Rismaharini (Wali Kota Surabaya) pada 2 Mei 2020 lalu yang mengaku senang dengan ide dan inovasi yang saya lakukan dalam melakukan bisnis kuliner ini. Dari situ saya juga mulai banyak belajar berbisnis tanpa harus melupakan tugas utama saya sebagai pelajar. Saya selalu menyimpan baik-baik pesan dari Bu Risma untuk tetap semangat bersekolah mengasah terus empati dan kepeduliaannya pada sesama," tandasnya. (inilah.com)

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Kompetisi kopi COE pertama Asia digelar oleh Indonesia

Sabtu, 27 November 2021 | 10:40 WIB

Komposer Musikal Stephen Sondheim Tutup Usia

Sabtu, 27 November 2021 | 09:42 WIB
X