• Jumat, 22 Oktober 2021

FCA Produksi Jeep dan Fiat Listrik di Polandia

- Rabu, 6 Januari 2021 | 13:40 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Warsawa - Fiat Chrysler Automobiles (FCA) akan memproduksi kendaraan-kendaraan bertenaga listrik dari brand Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo di Polandia, dengan menginvestasikan 167,15 juta euro atau sekitar Rp2,84 triliun di pabrik mereka yang terletak di wilayah Tychy.

Model Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo akan diproduksi menggunakan sistem penggerak paling canggih, termasuk penggerak listrik, di pabrik Tychy, di cekungan batu bara Silesia selatan Polandia, demikian menurut pernyataan FCA.

"Persiapan sudah dimulai. Bukti kepercayaan pasar, investasi tersebut datang sebagai pendorong besar bagi Polandia, ekonomi terbesar di Eropa yang sedang berkembang, yang berharap peralihan ke kendaraan listrik dapat membantu sektor otomotifnya mengejar ketertinggalan dengan rival regional seperti Ceko dan Slovakia," kata pernyataan tersebut.

Hal tersebut juga sudah dikonfirmasi oleh pihak pemerintah Polandia.

"Mobil modern, hybrid, dan listrik dari merek Jeep, Fiat, dan Alfa Romeo akan mulai meninggalkan pabrik di Tychy pada tahun 2022," cuit Wakil Perdana Menteri Polandia Jarosaw Gowin di Twitter, seraya menambahkan bahwa itu adalah 'bukti kepercayaan pasar di Polandia'.

Pabrik Tychy, yang mempekerjakan sekitar 2.500 orang, saat ini memproduksi mobil subkompak Fiat 500 dan supermini Lancia Ypsilon. Pada 2019, pabrik tersebut memproduksi sekitar 263.000 kendaraan, hampir semuanya diekspor ke 58 pasar di seluruh dunia.

FCA berencana untuk meningkatkan produksi tahunan di pabrik tersebut hingga sebanyak 400.000 mobil kecil berdasarkan Platform Modular Umum PSA Group, menurut laporan pers Italia awal tahun ini.

Pengumuman FCA itu datang beberapa pekan setelah Polandia mengatakan akan membangun mobil listriknya sendiri yang didukung negara, dengan produksi akan dimulai pada 2024.

Electro Mobility Poland (EMP), perusahaan yang bertanggung jawab atas mobil listrik yang akan diberi merek Izera, mengatakan pabrik mobil listriknya akan dibangun di Jaworzno, juga di kawasan Silesia.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Tips Hilangkan Nyeri Sendi dari Dokter Zaidul Akbar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:44 WIB
X