• Rabu, 22 September 2021

10 Tips Agar Mobil Anda Lolos Uji Emisi

- Selasa, 19 Januari 2021 | 13:30 WIB
istimewa
istimewa

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta telah menetapkan untuk memperketat penerapan uji emisi gas buang melalui peraturan yang tertuang dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Dalam pelaksanaannya nanti, para pemilik kendaraan pribadi, umum, dan juga kendaraan roda akan dilakukan minimal enam bulan sekali. Bagi mereka yang melanggar dan atau tidak lulus dalam pengujian akan ada sanksi tilang sebesar Rp250.000 untuk motor dan Rp500.000 untuk mobil, juga dikenakan biaya parkir tertinggi.

Untuk menghindari itu semua, Garasi.id, dalam keterangan resminya, membagikan 10 tips agar mobil Anda dapat lolos uji emisi dengan langkah-langkah berikut:

1. Perawatan berkala mobil

Tips pertama agar mobil Anda lolos uji emisi adalah dengan melakukan perawatan berkala mobil. Perawatan yang dilakukan bukan hanya sekedar mengganti oli saja, tetapi Anda juga perlu melakukan beberapa perawatan lainnya.

2. Menjaga filter udara

Komponen yang satu ini memang terkadang sering dianggap remeh, namun fungsinya sangat besar. Filter udara pada mobil berfungsi agar menyaring partikel debu dan kotoran agar tidak tersedot ke ruang mesin.

Jadi, jika filter udara terganggu dan tak pernah mendapatkan perawatan jelas akan berdampak pada mesin yang tak lagi sehat. Jika ini terus dibiarkan, bukan tidak mungkin mobil yang Anda miliki tidak lolos uji emisi nantinya.

3. Busi mobil

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X