• Jumat, 22 Oktober 2021

Toyota Resmikan Unit Penelitian Woven Planet

- Kamis, 4 Februari 2021 | 08:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bandung- Toyota Motor Corp resmi meluncurkan sebuah unit penelitian bernama Woven Planet. Raksasa otomotif Jepang itu berjanji akan memberikan 'mobilitas teraman' di dunia saat persaingan untuk mengembangkan mobil yang dapat dikendarai sendiri dan terhubung semakin memanas.

Dalam kesempatan presentasi yang dilakukan secara online, para eksekutif Woven Planet memberikan beberapa petunjuk tentang fitur-fitur spesifik dalam saluran pipa, mereka mengatakan sistem penggerak bantuan ini baru akan dipasang pada mobil penumpang perusahaan di akhir tahun ini.

Mengutip Reuters, Toyota juga mengatakan akan siap untuk mengungkap prototipe swakemudi sepenuhnya 'dalam waktu dekat', tanpa menjelaskan lebih lanjut detil dari kendaraan itu.

Saat pembuat mobil menghadapi persaingan dari perusahaan seperti Apple, Amazon, dan Sony. Toyota justru ingin mengawinkan pendekatan Silicon Valley-Woven Planet dengan proses manufaktur Sistem Produksi Toyota yang bertingkat untuk mengembangkan mobil generasi berikutnya.

Mobil yang sepenuhnya swakemudi kemungkinan akan hadir hingga bertahun-tahun lagi. Tetapi, saingannya dari General Motors dikabarkan pada bulan ini akan meluncurkan Cadillac yang sepenuhnya otonom, sementara operator mesin pencari China Baidu meluncurkan kemitraan dengan merek mobil lokal Geely.

Dipimpin oleh mantan ahli robotik Google James Kuffner, Woven Planet mengatakan bahwa mereka memiliki keunggulan dalam mengumpulkan data --kunci untuk mengembangkan perangkat lunak yang dibantu kecerdasan buatan-- melalui puluhan juta mobil Toyota di jalan di seluruh dunia.

Toyota ingin merebut kembali mahkota sebagai pembuat mobil terlaris di dunia pada tahun 2020, yang berhasil mengalahkan Volkswagen.

"Ini benar-benar baru permulaan," ungkap Kuffner dalam presentasi yang direkam sebelumnya, di mana dia memperkenalkan eksekutif kunci dari Woven Planet Group, termasuk keturunan keluarga pendiri Daisuke Toyoda, putra CEO Toyota Akio Toyoda.

"Kami baru saja memulai dengan teknologi dan inovasi kami untuk mengubah dunia," kata Kuffner.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

Tips Hilangkan Nyeri Sendi dari Dokter Zaidul Akbar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 15:44 WIB
X