• Kamis, 23 September 2021

Selain Oli Mesin, 6 Cairan Ini Perlu Diperhatikan

- Senin, 8 Februari 2021 | 09:30 WIB

MELAKUKAN perawatan pada mobil memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk membuat kondisi mobil Anda selalu tetap prima.

Sebagai pemilik mobil, adalah hal yang penting meluangkan waktu untuk melakukan perawatan. Anda sebaiknya mengetahui beberapa bagian yang memerlukan pengecekan secara rutin, seperti komponen dengan cairan terutama di bagian mesin, bukan cuma sekedar rutin mengganti oli mesin saja.

Berikut kami paparkan cairan apa saja selain oli mesin yang harus dilakukan pengecekan secara rutin dan juga dilakukan penggantian:

1. Oli transmisi

Ini adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik mobil, mengingat kegunaan oli transmisi ini sangatlah vital, untuk melumasi bagian mekanis di dalam sistem transmisi. Baik pada mobil bertransmisi manual ataupun otomatis ada perawatan berkala.

Jikalau oli mesin memiliki fungsi utama untuk mengurangi gesekan antar komponen dalam mesin, maka oli transmisi merupakan pelumas yang digunakan pada sistem transmisi.

Umumnya, oli transmisi pada mobil manual akan lebih sering diganti daripada mobil dengan transmisi otomatis. Biasanya dilakukan penggantian oli transmisi manual setiap 10.000 km. Sedangkan pada mobil bertransmisi otomatis, lakukan pengecekan oli transmisi setiap 20.000 km. Jika ditemukan kekurangan pada oli transmisi ini sebaiknya segera ditambah untuk menghindari terjadinya kerusakan pada sistem transmisi.

2. Oli gardan

Terkadang pemilik mobil sering melupakan penggantian oli gardan (differential) yang hanya ada pada mobil penggerak roda belakang (RD) atau berpenggerak empat roda (AWD). Ini adalah komponen gir pada mobil yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Komponen ini dapat terletak di dalam transmisi atau terpisah dengan transmisi.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X