• Rabu, 22 September 2021

Rawat Radiator Mobil, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

- Senin, 8 Februari 2021 | 10:15 WIB
istimewa
istimewa

SALAH satu hal yang kerap dilupakan oleh pemilik mobil adalah merawat bagian radiator. Padahal perannya begitu penting demi kelancaran perjalanan Anda dan keluarga dengan mobil kesayangan. Karena radiator merupakan salah satu komponen utama dalam sistem pendinginan mesin mobil.

Mungkin Anda pernah mengalami atau melihat mobil yang mogok di jalan dan ketika kap mesin dibuka maka muncul uap atau asap. Itu biasanya karena pendinginan mesin tidak berfungsi normal sehingga mesin mengalami overheat sampai timbul uap panas di mesin.

Jika mesin mobil sampai mengalami panas berlebih dan tetap dipaksa jalan hingga akhirnya mogok sendiri, maka nantinya Anda harus mengeluarkan biaya perbaikan yang jauh lebih besar karena dipastikan komponen di dalam mesin harus diperbaiki alias turun mesin. Itulah sebabnya Anda harus melakukan perawatan rutin pada radiator mobil kesayangan.

Berikut tips dalam merawat radiator mobil:

1. Cek air radiator secara rutin

Sebelum berkendara biasakan untuk mengecek air radiator, pastikan volume air radiator di posisi yang aman. Anda bisa mengecek dengan melihat level air radiator pada tabung cadangan.

Usahakan air radiator di tabung cadangan ini posisinya di atas minimum dan di bawah maksimum, tidak boleh lebih dari posisi maksimum. Pastikan pula tidak ada kebocoran air radiator dengan memeriksa kolong kendaraan.

2. Gunakan radiator coolant

Agar radiator mobil dapat punya umur panjang, maka sebaiknya gunakan radiator coolant. Hindari menggunakan pemakaian air keran, karena air keran ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga berisiko menimbulkan karat.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X