• Rabu, 22 September 2021

Daimler Akan Pecah Jadi 2 Perusahaan Independen

- Kamis, 11 Februari 2021 | 08:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Stuttgart - Daimler berencana melakukan perubahan mendasar dalam strukturnya, yang dirancang untuk membuka potensi penuh bisnisnya menuju masa depan nol emisi dan berbasis perangkat lunak.

Dewan Pengawas dan Dewan Manajemen Daimler telah setuju untuk mempertimbangkan usulan spin-off bisnis truk dan bus dan memulai persiapan dalam mendaftarkan Daimler Truck secara terpisah di bursa saham. Artinya sebagian besar dari saham di Daimler Truck akan dibagikan ke para pemegang saham Daimler.

Bisnis Daimler Truck akan memiliki manajemen yang sepenuhnya independen, tata kelola perusahaan yang berdiri sendiri termasuk Ketua Dewan Pengawas independen, agar bisa memenuhi syarat menjadi perusahaan yang terdaftar di indeks DAX.

Transaksi dan pencatatan Daimler Truck di bursa Frankfurt, Jerman, diharapkan selesai sebelum akhir tahun 2021. Selain itu, Daimler juga berniat untuk mengganti nama menjadi Mercedes-Benz pada waktu yang tepat.

Penyederhanaan struktur Daimler jadi dua perusahaan yang kuat dan independen

Ketua Dewan Manajemen Daimler dan Mercedes-Benz Ola Kaellenius menyebut bahwa hal ini merupakan momen bersejarah bagi Daimler yang merupakan awal dari penataan kembali perusahaan secara mendalam.

Mercedes-Benz Cars & Vans serta Daimler Trucks & Buses adalah dua bisnis yang berbeda dengan kelompok pelanggannya masing-masing, arah pengembangan teknologinya sendiri dan juga kebutuhan modal yang spesifik.

Mercedes-Benz merupakan brand mobil mewah atau luxury yang terdepan di dunia, menawarkan kendaraan yang paling diinginkan kepada pelanggan yang cerdas. Sedangkan Daimler Truck menyediakan solusi dan layanan transportasi terkemuka di industri kepada pelanggan.

"Kedua perusahaan beroperasi di industri yang sedang mengalami perubahan besar secara struktural dan juga teknologi yang digunakannya. Dalam konteks ini, kami yakin mereka akan dapat beroperasi secara lebih efektif sebagai entitas independen, dilengkapi dengan likuiditas bersih yang kuat dan bebas dari kendala struktur konglomerat," kata Kaellenius, dalam siaran pers yang diterima INILAHCOM.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X