• Selasa, 26 Oktober 2021

XL Geber Open RAN untuk Jangkau Pelosok Negeri

- Kamis, 11 Februari 2021 | 09:45 WIB
ilustrasi
ilustrasi

INILAH, Jakarta - Operator telekomunikasi XL Axiata terus berkomitmen untuk mendukung pemerintah dalam melakukan pemerataan penyediaan jangkauan jaringan pita lebar ke seluruh Indonesia.

Terbaru, operator yang identik dengan warna biru ini melakukan uji coba teknologi Open RAN (Radio Acces Network) di jaringan eksisiting demi menjangkau wilayah pelosok Indonesia.

Sebelumnya, uji coba ini telah berhasil dilakukan di Ambon, Maluku, pada Februari lalu.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan bahwa pihaknya serius dan terus melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan komitmen demi mendukung pemerintah membangun dan menyediakan jaringan telekomunikasi ke berbagai wilayah di Indonesia.

"Salah satu upayanya adalah dengan mencoba mengimplementasikan teknologi Open RAN ini, dengan melakukan ujicoba terlebih dahulu. Harapan kami penerapan teknologi ini bisa menjadi solusi untuk pembangunan jaringan secara lebih efisien dan efektif khususnya di area-area pelosok luar Jawa," kata Gede saat jumpa pers virtual, Rabu (10/2/2021).

Saat ini, menurut dia, uji coba sedang berada pada tahap uji layanan, fungsionalitas, kapabilitas, dan performance. Progres uji coba test call pada jaringan 3G (CS fallback) dan Over The Top (OTT) call di jaringan 4G juga telah berhasil dilakukan, dan saat ini dalam proses monitoring untuk kinerja dan kestabilan.

"Untuk uji coba ini kami melakukannya bersama Mavenir sebagai partner penyedia teknologinya," ujar Gede.

Dia menambahkan, serangkaian uji coba yang dilakukan saat ini baru merupakan tahap awal. Eksplorasi lebih lanjut juga diperlukan untuk benar-benar memahami karakteristik Open RAN ini, termasuk memahami mekanisme operasional jaringannya.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X