• Senin, 6 Desember 2021

Tips bagi Orangtua Agar Anak Aman di Ranah Online

- Jumat, 12 Februari 2021 | 11:00 WIB
istimewa
istimewa

SEJAK pandemi COVID-19 berlangsung, sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktu di ranah online, termasuk anak-anak yang menggunakan internet untuk terhubung dengan teman dan guru mereka untuk melakukan kegiatan sekolah dari rumah secara virtual.

Hal ini juga menjadi tantangan bagi orangtua untuk memastikan ruang digital aman bagi anak.

Menurut Head of Safety Facebook Asia Pacific Amber Hawkes, hal utama yang dapat dilakukan orangtua adalah untuk memulai percakapan, dan menciptakan cara berkomunikasi yang terbuka.

"Percakapan tentang keamanan di ranah online seharusnya menjadi bagian dari keseharian--layaknya percakapan tentang 'bahaya orang asing' atau kewaspadaan ketika menyeberangi jalan, dan percakapan tersebut harus dimulai sejak dini," ujar Hawkes.

Sebagai bagian dari percakapan tentang keamanan di ranah online, anak-anak harus memahami bahwa akses terhadap perangkat elektronik dan internet harus dilandasi dengan tanggung jawab. Mereka juga memiliki peran dalam menjaga diri sendiri dan orang lain untuk tetap aman di ranah online.

Bertepatan dengan Hari Internet Aman Dunia yang diperingati setiap tanggal 9 Februari, Hawkes memberikan lima tips untuk menjaga keselamatan anak di ranah online.

1. Tetap terlibat dalam dunia digital anak

Luangkan waktu untuk menemani anak ketika mereka online. Jika anak Anda senang bermain video game, duduklah di dekatnya.

Jika anak remaja Anda menggunakan Facebook atau Instagram, berdiskusilah dengan mereka tentang berteman atau mengikuti mereka di media sosial.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X