• Minggu, 24 Oktober 2021

Google Kenang Dokter Perempuan Pertama Indonesia

- Kamis, 18 Februari 2021 | 10:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Jakarta - Jika Anda membuka halaman Google hari ini (17/2/2021), Anda akan langsung melihat tampilan Google Doodle yang menggambarkan sosok dokter perempuan yang tengah menggendong bayi. Dia adalah Marie Thomas, dokter perempuan pertama Indonesia.

Google secara spesial menjadikan Marie sebagai doodle, karena hari ini merupakan hari ulang tahunnya ke-125.

"Doodle hari ini merayakan ulang tahun ke-125 Dr Marie Thomas, salah satu dokter wanita pertama di Indonesia. Lahir hari ini pada 1896 di desa Likupang, Indonesia, Marie Thomas mengukir sejarah sebagai spesialis wanita pertama di bidang ginekologi dan kebidanan," Google menjelaskan di laman resmi Doodles.

Marie Thomas dilahirkan di Likupang, yang terletak di wilayah Minahasa, Sulawesi Utara, pada 17 Februari 1896. Ayahnya bernama Adriaan Thomas dan ibunya bernama Nicolina Maramis.

Sang ayah memiliki karier di militer sehingga keluarganya harus terus pindah ke berbagai daerah di Indonesia. Namun, ini juga memungkinkan Marie untuk mendapat pengalaman sekolah di berbagai sekolah dari Sulawesi hingga Jawa.

Marie merupakan lulusan School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) atau sekolah kedokteran pada masa Hindia Belanda yang berada di Batavia (sebutan untuk Jakarta saat ini).

Awalnya STOVIA hanya menerima murid laki-laki saja. Tapi pada 1912, Marie, perempuan asal Minahasa masuk. Dia merupakan perempuan pertama yang masuk ke sekolah kedokteran itu sekaligus menjadi satu-satunya murid perempuan di antara 180 murid laki-laki.

Masuknya Marie ke STOVIA tak lepas dari peran dari Aletta Jacobs, sosok yang dikenal sebagai dokter perempuan pertama Belanda.

Ketika sedang melakukan tur keliling dunia, Aletta mengunjungi Batavia pada 18 April 1912. Ia mendesak Gubernur Jenderal AWF Idenburg agar perempuan bumiputra diizinkan mendaftar dan memperoleh pendidikan kedokteran di STOVIA.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X