• Selasa, 26 Oktober 2021

ASA, Teknologi Keamanan Terbaru dari Daihatsu

- Kamis, 25 Februari 2021 | 11:00 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Jakarta - Keselamatan dalam berkendara merupakan unsur penting yang menjadi perhatian utama produsen kendaraan bermotor. Melihat hal ini, Daihatsu selalu berusaha memberikan yang terbaik dengan meningkatkan kualitas keselamatan dari kendaraan yang diproduksinya.

Salah satu teknologi keselamatan terbaru yang dimiliki Daihatsu adalah teknologi Advanced Safety Assist atau ASA. Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi objek di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya.

Daihatsu Jepang sudah memproduksi kendaraan dengan teknologi ASA sejak tahun 2012. Dengan memegang prinsip bahwa kendaraan kecil pun harus secara optimal dilengkapi perangkat keselamatan yang advance, Daihatsu ingin pelanggan selalu memiliki peace of mind ketika berkendara dengan Daihatsu.

Beberapa kendaraan Daihatsu yang sudah menggunakan teknologi keselamatan ini adalah Move, Tanto, Thor, Cast, Taft, dan yang paling baru Rocky.

-

Teknologi ASA dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan. Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi ASA diperlengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

Pre Collision Brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika mendeteksi kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu. Dengan demikian, dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalkan efek benturan.

Sedangkan Lane Departure Warning adalah sistem yang membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah jalur secara tidak disengaja.

Perlu diperhatikan bahwa teknologi keselamatan ASA ini hanya memberikan bantuan dalam berkendara, dan bukan merupakan teknologi kemudi otomatis. Dengan begitu, pengemudi tetap memegang penuh kendali terhadap kendaraan dan harus senantiasa berkendara dengan aman, walaupun kendaraan sudah dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni.

Halaman:

Editor: JakaPermana

Tags

Terkini

X